DETAIL DOCUMENT
Perkembangan keterampilan komunikasi dan relasi interpersonal pada anak autis di sekolah inklusi SDN Sumbersari 1 Malang / Putri Rizkiyana
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Rizkiyana, Putri
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Rizkiyana Putri. 2010. Perkembangan Keterampilan Komunikasi dan Relasi Interpersonal Pada Anak Autis di Sekolah Inklusi SDN Sumbersari 1 Malang. Program Studi Psikologi. Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Alwisol M. Pd (II) Anies Syafitri S. Psi M. Psi. Psikolog Kata kunci komunikasi relasi interpersonal autisme inklusi Pendidikan inklusi adalah termasuk hal yang baru di Indonesia dimana anak berkebutuhan khusus dapat belajar di sekolah umum yang ada di lingkungan mereka dan sekolah tersebut dilengkapi dengan layanan pendukung serta pendidikan yang disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Autisme ditandai dengan kegagalan dalam menjalin hubungan sosial dan komunikasi serta adanya tindakan ritual dan kompulsif (Sugiarto 2004). Seperti anak-anak pada umumnya kehidupan sosial anak-anak berkebutuhan khusus dalam hal ini anak autisme di sekolah inklusi mereka juga dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif dengan atau tanpa bantuan shadow. Dengan bersekolah di tempat yang sama dengan anak yang normal anak-anak autisme mempunyai kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan keterampilan komunikasi dan relasi interpersonal anak autisme di sekolah inklusi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif termasuk dalam studi perkembangan dengan metode cross sectional sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis hipotesis yang digunakan adalah uji Jonckheere Terpstra. Penelitian dilakukan di sekolah inklusi SDN Sumbersari 1 Malang dengan jumlah subjek 9 anak autisme. Penelitian menggunakan skala observasional keterampilan komunikasi dan relasi interpersonal yang dikembangkan oleh peneliti yang disusun berdasarkan bentuk keterampilan komunikasi dari Aubrey Fisher dan keefektifan relasi interpersonal dari Joseph Devito. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan keterampilan komunikasi dan relasi interpersonal anak autisme di sekolah inklusi dengan signifikansi pada 0 042 0 05 dan signifikansi pada 0 013 0 05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi pihak sekolah untuk merencanakan pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi dan kebersamaan semua siswa baik siswa reguluer atau siswa berkebutuhan khusus. Untuk orang tua diharapkan memberikan perhatian penuh terhadap anak baik di sekolah atau dirumah dan merangsang keterampilan komunikasi anak dengan selalu mengajak anak untuk berbicara. Dan untuk peneliti selanjutnya agar membuat alat pengukur data penelitian yang lebih cermat memperluas wilayah penelitian melakukan penelitian secara longitudinal karena akan menghasilkan penelitian yang lebih maksimal.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang