DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pola asuh orangtua terhadap prkembangan ekspresi emosi siswa kelas II SLTP Negeri se-Kecamatan Lawang / Evi Anita Wijayanti
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Wijayanti, Evi Anita
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Emosi memegang peranan penting dalam kehidupan anak Pengaruh emosi yang positif dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan anak. Sedangkan pengalamane mosi yang negatif akan mengganggup erkembangand an pertumbuhan anak.B agaimanap erkembangaenm osi anak hal itu tergantungp ada pengalaman emosi sosial anak dalam kehidupan sehari-hari. Apakah kebutuhan anak seperti pendidikarLk asih sayang d an perhatiand apatt erpenuhia taut idak merupakanb agian dari pengalaman anak yang ikut menentukan perkembangan emosinya. Adapun lingkungan pemben pengalaman yang diduga paling berpengaruh adalah keluarga. Dengand emikians ecarate oritik polaa suhk eluargam emberikans umbangatne rhadap perkembangaann akt ermasukp erkembangane kspresie mosinya y ang secarae mpirik perlu dilakukan penelitian. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pola asuh yang diterapkan orangtua mempengaruhi anak dalam mengembangkan seluruh emosinya dengan tepat atau tidak. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mengetahui (l) pola asuh yang diterapkan oleh orangtua terhadap anak (2) perkembangan ekspresi emosi siswa (3) pengaruh pola asuh orangtua terhadap perkembangaenk spresei mosis iswa. Populasip enelitiana dalahs iswa SLTP Negeri se-KecamataLna wangy ang sedangd uduk di kelas Il. Siswat ersebutb erusia 12-15t ahun dan be4umlah7 61 slswa- Sampel yang diambil be umlah 254 orang siswa. Penarikan sarnpel dilakukan dengan teknik proporsional random .sampling. Prosedur pertama dalam penarikan sampel adalah menentukan sampel sekolah dalam hal ini SLTPN 1 SLTPN 2 dan SLTPN3 . Prosedury ang keduam enetapkansa mpelk elas d itetapkan2 kelass ecara acak y ang diambil secarap roporsionadl enganp erbandinganl- 3 kelas diambil 1 kelas.H asil dari penarikans ampeld iperolehp opulasis ebesar3 60lo. Alat pengumpulan data berupa angket yang terstruktur dengan 4 pilihan jawabans elalu s ering k adang-kadangd an tidak pernah b aik untuk angketp ola asuh maupunp erkembangane kspresie mosi.A ngket pola asuho rangtuas emulab equmlah 56 butir soal kemudian berjumlah 24 butir soal setelah diujicobakan dengan reliabilitas yang bergerak antara 0 565-0 710. Sedangkan angket perkembangan ekspresi emosi berjumlah 67 butir kemudian berjumlah 37 butir setelah diujicobakan dengan reliabilitas yang bergerak wfiara 0 405-0 862. Sebelurn diketahui reliabilitasnyate rlebih dulu diuji validitasnyad enganj ustifikasi dari penguji ahli dalamh al ini dosenp embimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua siswa pada pola asuh Overprolectives ebesar5 7 87% Overdemanding5 2 36% Neglecting 56 69% Rejecting 43 7Ao/oA c ceptance 37 00%. Pada perkembangane kspresie mosi setiap aspeknyas iswa menunjukkanp erkembangane kspresi emosi aspek sedih pada kategorci ukup baik dengan 77 55o/ok e mudiand iikuti oleh aspekg embirap ada kategori cukup baik sebesar 57 48yo aspek kasih sayang pada kategori cukup baik dengan 55 51% selanjutnya diikuti oleh aspek takut pada kategori cukup baik sebesa4r9 21Voa s peki ri hati padak ategoric ukupb aik sebesa4r 3 70%a spekm arah pada kategori cukup baik menunjukkan sebesar 42 51% aspek ingin tahu pada kategori cukup baik sebesar 40 55% sedang yang terkecil aspek cemburu pada kategori cukup baik sebesar 16 53%. Sedangkan pola aSuh orangtua berpengaruh signifikan terhadap perkembangane kspresi emosi siswa kelas II SLTP Negeri se- KecamataLna wangh al tersebutd ibuktikand engan( R 0 124F l1 328 rxy4 222 p 000 

Institution Info

Universitas Negeri Malang