DETAIL DOCUMENT
Korelasi Antara Pelaksanaan Tugas-tugas Perkembangan Dengan Konsep Diri Siswa Kelas II SMU Negeri di Kabupaten Probolinggo (Tahun Ajaran 2000 / 2001) oleh Waskito Pribadi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Pribadi, Waskito
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Tugasp erkembangaand alahs uatut ugasy angt imbul padas uatup eriode tertentud alamp erkembangasne seorangK.e berhasilas eseorandga lamm elaksanakan tugasin i akanm enimbulkank onsepd iri tinggi. Sebaliknyak egagalans eseorang melaksanakatnu gasp erkembangaank anm enimbulkank onsepd iri yangr endah. Penelitianin i bertujuanu ntukm engungkaspe berapbaa nyaks isway angm elaksanakan tugas-tugapse rkembangadne nganb aik dant idak baik dans eberapbaa nyaks iswa yangm emiliki konsepd iri tinggi dank onsepd iri rendahP. enelitianin i diharapkan akanb ermanfaabt agi duniap endidikank hususnyab agi kepalas ekolahk onselord an guru dalam membantus iswanyam elaksanakantu gas-tugasp erkembangand enganb aik sertam egembangkakno nsepd irj secaram aksimal. Populaspi enelitianin i adalahs iswak elasI I SMU Negerid i Kabupaten Probolinggoy akni SMU NegeriD ringu SMU NegeriG ending S MU Negeri Kraksaand anS MU NegeriP aiton.S ampesl iswad itetapkand enganm enggunakan teknik Proportional RantlomS ampling.R espondeny ang menjadi sampelp enelitian sebesa8r 0 siswa( 15%).R ancangapne nelitiany angd igunakana dalahD eskriptif KorelasionalT. ehnika nalisisd atap enelitiany angd ipakaip rosentasdea nk orelasi product nlomenl. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwas isway angm elasanakatnu gas-tugas perkembangadne ngans angabt aik sebesa2r 0 siswa( zs%) yangm elaksanakadne ngan baik sebesa2r 2 siswa( 27 So/o) yanmge laksanakacnu kupb aik sebesa1r 8s iswa (22 5%)d any angm elaksanakadne ngank urangb aik sebesa2r 0 siswa( 25%). JaCtr dapatd isimpulkanb ahwas ebagianb esard apatm elaksanakantu gas-tugas perkembangadne nganb aik. Sedangkakno nsepd iri padau mumnyac ukupd engan frekuwens4i 6 (57 5%)s iswad an l0 siswa( 12 5o/oy)a ngm emiliki konsepd iri rendah. Dari hasil analisisp roduct momentd iketahuit 0 2647. Dikonsultasikan denganr tabeld enganta rafs ignifikansi5 % 0 220. Maka dapatd iketahuir t lebih besar dari r tabel. Dengan demikian berarti ada hubungan yang sigrrifikan antara pelaksanaantu gas-tugasp erkembangand engank onsepd iri siswa.J adi bila pelaksanaantu gas-tugasp erkembanganb aik makaa kand iikuti pula dengank onsepd iri tinggi. Berdasahr asilp enelitianin i dikemukakans aran-sarasne bagabi erikut ( 1) Kepalas ekolahs ebagapi enentuk ebijakand i sekolahd iharapkanm emperhitungkan waktu dengand emikian siswal ebih berpeluangu ntuk melaksanakantu gas-tugas perkembangadne nganle bih baik danp engembangakno nsepd iri yangd iinginkan ( 2) Konselorl e bih mengembangkamn e meliharad anm enetapkatnu juank onselingy ang berfokusp adap engembangakno nsepd iri klien teknik perubahantin gkahl aku yang dipusatkanp adap emodifikasianke arahy angd ikehendakid an( 3) Guru h asil penelitianin r dapatd ipakais ebagasi aranau ntukm emberikanin formasid ank eyakinan padas iswam engenapi erkembangafnis ik maupunp sikisnyad engand emikians iswa dapatm elaksanakatnu gas-tugapse rkembangadne nganle bih baik danm engenadl iri secarare alistis. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang