DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Konsep Diri Siswa SLTP Immanuel Batu Yang Tinggal di Rumah dan Yang Tinggal di Panti Asuhan oleh Irene Maya Simon
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Simon, Irene Maya
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Konsepd iri merupakank eyakinan p andangana taup enilaians eseorangte rhadap dirinya.K onsepd iri terbentukm elalui prosesb elajar sejakm asap ertumbuhans eorang manusiad ari kecil hinggad ewasa.L ingkungan p engalamand an pola asuho rangt ua turutm emberikanp engaruhy ang signifrkant erhadapk onsepd iri yang terbentuk.S ikap ataur espono rangt ua dan lingkungana kanm enjadip atokanb agi anaku ntuk menilai dirinya.K enyataannyatid ak semuaa nakd an remajac ukup beruntungm emiliki orangt ua yang mampu memberikan kehidupan yang baik bagi mereka. Anak-anak dan remaja sepertmi erekau murnnyad itampungd an diasuhb ersama-samdaa lam sebuahp anti. Kehidupana nakd an remajap anti tentu sajab erbedad engank ehidupana nak dan remaia lain pada umumnya. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahu(i 1 ) Bagaimanag ambarank qnsepd iri remajay angtinggal di rumah (dalam keluarga)Q )Bagaimanag ambarank onsepd iri remajay angtinggal di panti asuhan d an (3) Apakaha dap erbedaank onsepd iri antarar emajayangtinggal di rumah dengan remajay angt inggal di panti asuhan. Penelitianin i merupakanp enelitiand eskriptifk omparatif.P opulaspi enelitianin i adalahs iswaS LTP ImmanuelB atu tahuna jaran2 00312004S. ampelp enelitianb erjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa yang tinggal di rumah dan20 siswa yang tinggal di pantia suhanS. ampels isway ang tinggal di rumah diambil denganm enggunakante knik randoms amplirzgs edangkans ampels isway ang tinggal di panti asuhand iambil dengan menggunakatne knik sampelt otal. Teknik analisisy ang digunakand alamp enelitiani ni adalahte knik persentased an uji-t. Instrumeny ang digunakana dalahs kalak onsepd iri. Hasilp enelitianm enunjukkanb ahwa ( 1) Sisway angt inggald i rumah2 5% memilikik ategorki onsepd iri rendah4 5%m emiliki kategorik onsepd iri sedangd an 30%m emilikik onsepd iri tinggi. Reratay angd iperoleha dalah1 41.30( 2) Sisway ang tinggal di Panti asuhan 40% memiliki kategori konsep diri rendah 45% memiliki kategorki onsepd iri sedang d an l5%om emiliki kategorik onsepd iri tinggi. Reratay ang diperoleha dalah1 47.70 ( 3) tou iy angd idapata dalah1 . 632d ant b6gs1e besa2r .0252 sehinggato 6 lie bih kecil dari t66aj adi dapatd isimpulkanb ahwat idak adap erbedaan yang signifikan antara konsep diri siswa SLTP Immanuel Batu baik yang tinggal di rumah dan yang tinggal di panti asuhan. Bertolakp adap enemu rinn i maka adab eberapas aranb agi (1) Orangt ua dan pengasuhh e ndaknyad apatm embantus iswau ntuk mengembangkakno nsepd iri yang positif antara lain melalui peningkatan sisi kerohanian anak juga dapat melalui tindakan pemberianc ontohp erilaku positif pemberiank esempatanb agi anakt anpam eremehkan danm emberikanreinforcemeantta ug anjarana pabilaa nakm enunjukkank emajuana tau kemundurand alamc arab erperilaku.( 2) Konselor hendaknyam emberikanp rioritas layanank epadas isway angm emiliki konsepd iri rendahB. entukl ayanany angdapat 1l diberikan antara lain pelatihan melalui proses konseling atau pemberian paket pelatihan pemahamadni ri yang dapat dilakukan secarat erpadu dengan bimbingan kelompok. (3) Guru hendaknya dapat menciptakan suasana belajar yang kondusifbagi siswa untuk mengembangkakno nsep diri yang positif antara lain dapat dilakukan melalui tindakan memberikank esempatank epada siswa untuk mengemukakan pendapatnya secarat egas dan memberikan reinforcement atau garlaran ketika siswa menunjukkan perilakuperilaku yang dikehendaki atau yang tidak dikehendaki.(4) Penelitian selanjutnya disarankanu ntuk memperluas populasi dan sampel penelitian-misalnya siswa yang tinggal di rumah di kos di asftrma dan atau di panti asuhan- dengan mengontrol variabel jenis kelamin usi4 dan lain-lain. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang