DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Yang Mendapatkan Keterlibatan Dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja di MIN Malang I oleh Novita Karnida Khurri
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Khurri, Novita Karnida
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Prestasi belajar merupakt[r tingkat keberhasilan yang dicapai s seorang sebagaki onsekuensui saha dan kegiatan belajar yang telah dilakukan- Didalam pencapaiapnr stasib elajar seseorangp asti dipengaruhio leh banyak faktor salah irtoni aututr keterlibatan orang tua- Orang tua dalam hal ini tokoh ibu yang lebih dominand alamm embantup encapaianp restasib elajar anak. Keterlibatani bu dalam pencapaiapnr estasib elajar anak MI SD atau sejenisnyate ntu saja berbedad engan ieterliUututrlUpua daa nakd itingkat yang lain. Dalam hal ini seorangib u adalahg uru pertambaa gia nak-anaknyaA. pabila anakt elah masuks ekolah ib u adalahm itra kerja yang utama bagi guru anaknya. Hal inilah yang melatarb elakangip enelitiani ni peneliti berusaham encari kebenaraanp akaha da perbedaanp restasib elajar siswa yang mendapakt ercrlibatan dui ibu belierja dan ibu tidak bekerja. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti secara bersamaadni MIN MALANG I yang selamai ni belum pernahd ilakukanp enelitian dengajnu dul sepertii ni. Selaini tu ibu-ibu dari siswaM IN MALANG I mempunyai persentarese imbanga ntam ibu bekerja dan ibu tidak bekerja. Dengand emikian fr.netitim emutuskanm engambijlu dul penelitian PerbedaanP restasBi elajar Siswa Yang Mendapatkan Keterlibatan lbu Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja di MIN MALANGI] Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif yang bertujuan untuk (l) mendeskripsikanp restasi belajar siswa kelas 3 pada semesterg enap 200312N4( 2 ) mendeskripsikank eterlibatani bu yang bekerja dan ibu yang tidak bekeda dalam pencapaian prestasi belajar anak (3) Mendeskripsikan pertedaan prestasbi elajari iswa yang mendapatkanke terlibatand ari ibu bekerjad an ibu tidak bekerja. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 MIN MALANG I berjumlah 208 siswa. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini adalatr riset diskriptif yang bersifat eksploratif dan uji-t. lnsbumen yang digunakan adalah angket dan dokumenasi (raport dan buku induk) Hasil penelitian menunjukkanb ahwa (l) 9( o/os iswa mencapair ata-rata8 dang/os iswam encaparia ta-rata7 sedangkanl% on yal agi mencaparia ta-rata6 . Data ini menunjukkanb ahwap restasib elajars iswak elas3 bagusd an sangatm emuaskan. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang