DETAIL DOCUMENT
Perbdaan Kebiasaan Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMA Negeri 3 Malang Antara Yang Mengikuti Lembaga Bimbingan Belajar Dengan Yang Tidak Mengikuti Lembaga Bimbingan Belajar oleh Lindarty Dian Musyarofah
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Musyarofah, Lindarty Dian
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Kebiasanb elajar merupakans alahs atuf aktor yang mempengaruhpi restasi belajar. siswa yang mengalami kesulilan dalam memahami pelajaran mengambil jalan keluard enganm engikutit ambahanp elajaranL. embagaB imbinganB elajar ifgg) merupakano rganisasmi asyarakayta ngm embantus iswam emahammi ateri petajaran Ada kecenderunganse bagians iswam engikuti tambahanb elajardi LBB dan sebagiany ang lain tidak mengikuti tambahanb elajar.D iduga masing-masing siswa dari kelompok siswa yang mengikuti LBB ataupun siswa yang tidak mengikuti LBB memiliki kebiasaanb elajary ang berbedau ntuk mencapaip restasib elajars ecara optimal.S isway angm engikutiL BB didugam emiliki kebiasaanb elajard anp restasi belajar yang lebih baik di sekolatr- Rumusanm asalahp enelitiani ni adalah 1) Bagaimanak ebiasaanb elajars iswa kelasI I SMAN 3 Malang yang mengikuti LBB 2) Bagaimanak ebiasaanb elajar siswak elasI l SMAN 3 Malangy angt idak mengikutiL BB 3) Bagaimanap restasi belajars iswak elasI l SMAN 3 Malangy angm engikutiL BB 4)Bagaimanap restasi belajar siswa kelas II SMAN 3 Malang yang tidak mengikuti LBB 5) Adakah petteOaank ebiasaanb elajar dan prestasib elajar siswak elas ll SMAN 3 Malang yang mengikuti LBB dan yang tidak mengikuti LBB. Berdasar dari rumusan masalah hipoiesisy ang diajukan adalah Ada perbedaank ebiasaanb elajar dan prestasib elajar siiwa kelis It SMAN 3 Malangy angm engikutiL BB dengany angt idak mengikuti LBB . Penelitiani ni menggunakanm etoded eskriptif komparatif.P opulasiy ang dipilih adalah siswa kelas II SMA Negeri 3 Malang yang terdiri atas dua sub populasi yaitu siswa yang mengrkuti LBB dan siswa yang tidak mengikuti LBB. Teknik pengambilans ampetm enggunakanp roporsionalr andoms ampling.J umlahs ampel masing-masinsgu bp opulasiy aitu 83 orangs iswau ntuk kelompoks isway angt idak mengikuti LBB dan 59 orang siswa untuk ketompok siswa yang mengikuti LBB. Teknik pengambiland ata menggunakana ngketd an datad okumentasiA. nalisis data yang digunakany aitu persentased an t-test. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa ( 1) Sebagianb esars isway ang mengikutLi BIi memiliki kebiasaanb elajary ang baik sekali baik d an cukup (2) S bagianb esars isway ang tidak mengikuti LBB memiliki kebiasaanb elajary ang cukup kurang- dan kurang sekali (3) sebagian besar siswa yang mengikuti LBB memiliki prestasbi elajary ang baik sekali d an baik (4) sebagianb esar sisway angt idak mengikutiL BB memiliki prestasbi elajary ang cukup dan tu og 1 l Ada perbedaank ebiasaanb elajard an prestasib elajars iswak elasl I SMANJ Mahng yang mengikuti LBB dengan yang tidak mengikuti LBB. Hasil pengrjianh ipofesism enunjukkanb ahwa Ada perbedaan vansgi grifikan kebiasaan 6elajar( denganF 8 444d anP 0.000) danp restasbi elajar( dengan1 6 703d an P 0.000)s iswak elasI I SMAN 3 Malangy angm engikutiL BB dengany angt idak mengikuti LBB. Hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengikutrL BB memiliki kebiasaanb elajard an prestasib edar yang baik Berdasarkanh asil penelitiani ni saran-sarand itujukan pada (1) Guru bimbingan belajar yang diberikan guru hendaknya diberikan dalam kondisi belajar yangb eibedad ari suasanake las.( 2) Siswa h endaknyas enantiasma engembangkan danm emeliharak ebiasaanb elajary ang dapatm embantum eningkatkanp restasi betajarnya(.3 ) orang tua hendalanyma engikuti perubahanp restasis iswad an menyediakank ebutuhans iswa.( 4) Konselor h endaknyas enantiasam engikuti perkembangabne lajar siswab inaannyad an membedkanb imbinganb elajary ang sesuadi engank emampuand an keadaans iswa.( 5) Peneliti selanjutnyap erlu dilakukanp enelitianle bih lanjut m engingakt ebiasaabne lajarb ukanlahs atu-satunya faktor yang mernpengAruhpi restasib elajar F aktor eksternald an internald ari diri siswap erlu digali untuk mengetahusi ampais ejauhmanaL BB berpengaruhp ada kebiasaanb elajard an prestasib elajar siswa. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang