DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Antara Mahasiswa Reguler Dan Mahasiswa Non Reguler Program Studi Bimbingan dan Konseling Jurusan BKP FIP UM Angkatan 2000 Ditinjau Dar Prestasi Belajar dan Kebiasaan Belajar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Rif'ani, Fadila
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Kebiasaanb elajarm erupakans alahs atuf aktor yang p ntingd alamm enunjang prestasbi elajar.K ebiasaanb elajary ang baik akan meningkatkanp restasib elajary ang baik pula yang diperoleho leh seseorangT. erdapatd ua faktor yang mempengaruhi kebiasan belajar diantara faktor dari dalam (intern) dan faktor dari luar (ekitern). selain itu prestasbi elajarjuga di pengaruhoi leh dua faktor yaitu faktor dari dalam individu (intern ) dan faktor dari luar individu(ekstern). Penelitianin i bertujuanu ntuk (l) mengetahupi restasbi elajara ntaram ahasiswa regulerd an mahasiswan on regulerp rograms tudi bimbingand an konselingju rusan BKP FIP uM angkatan 2000 (2) mengetahui kebiasaan belajar antara mahasiswa regulerd an mahasiswan on regulerp rograms tudi bimbingand an konselingju rnrsan BKP FIP uM angkatan 2000 (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa reguler dan mahasiswa non reguler program studi bimbingan dan konselingju rusanB KP FIP uM angkatan2 000 (4)m engetahuip erbedaanki biasaan belajar antara mahasiswa reguler dan mahasiswa non reguler program studi bimbingand an konselingjurusanB KP FIP UM angkatan2 000. Hipotesisy ang diajukan dalam penelifiani ni adalaha da perbedaanp resrasi belajar antara mahasiswa reguler dan mahasiswa non reguler program studi bimbingan dan konseling jurusan BKP FIp uM angkatan 2000 ada perbedaan kebiasaanb elajara ntaram ahasiswar egulerd an mahasiswan on regulerp rograms tudi bimbingand ank onselingjurusanB KP FIP LIM angkatan2 000. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa progam studi bimbingan dan konselingju rusanB KP FIP LIM angkatan2 000 s edangkanb esarnyas ampeld iambil semuas ehinsgam enjadis ampetl otal. SampeIl adalahm ahasisware gulerd ans ampel II adalah mahasiswa non reguler. Metode pengumpulan datz yang digunakan dalam penelitian ini adalahm etoded eskriptif komparatif sedangkanu ntuk kegiatana nalisis data denganm enggunakanp ersentased an uji t dengant araf signifikan0 .05 (5 %) untuk mengetahupi erbedaanv ariabel dibantu denganm enggunakank omputer spss versi 10.0. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa reguler yang mempunyai prestasi belajar tinggi sebanyak 3B3B% mahasiswa yang prestasib elajamyas edangs ebanyak3 3.33yo d an mahasisway ang prestasinyar endal sebanyak 27.770/0. Sedangkan mahasiswa non reguler yang mempunyai prestasi tv belajar tinggi sebanyak 52.63% mahasiswa yang prestasinya sedang sebanyak 36.84% dan mahasiswa yang prestasinya rendah sebanyak 10.52%. Untuk kebiasaan belajar yang tinggi mahasiswa reguler sebanyak5 2.77Vom ahasisway ang kebiasaan belajarnya sedang sebanyak 30.55o/o dan mahasislva yang kebiasaan belajarnya rendah sebanyak 16.66%. Sedangkan mahasiswa non reguler kebiasaan belajarnya tinggi sebanyak4 2.10o/om ahasisway ang kebiasaanb elajamyas edangs ebanyak 31.57%d an mahasisway ang kebiasaanb elajarnyar endahs ebanyak2 6.31%oH. asil dari analisis uji r menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signihkan antara mahasiswa reguler dan mahasiswa non reguler program studi bimbingan dan konselingju rusan BKP FIP UM angkatan2 000 ditinjau dari prestasib elajard an kebiasaabne lajar.H asil yang ditunjukkand enganP (Probabilityl iror) kurangd ari 5% prestasbi elajarP 0.701 sedangkakne biasaanb elajarP 0.232. Dari hasil penelitiant ersebut m aka disarankank epadam ahasiswaa gard apat mempertahankanke biasaanb elajar yang baik karenad engank ebiasaanb elajar yang baik makap restasbi elajarnyaju ga akanm eningkatS. elaini tu parap embimbinga tau dosen diharapkan dapat memotivasi mahasiswad alam mempertahankank ebiasaan belajard anp restasbi elajarnyad enganle bih baik. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang