DETAIL DOCUMENT
Keragaman penulisan unsur naskah drama siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang tahun pelajaran 2013/2014 / Nia Puspita Sari
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Sari, Nia Puspita
Subject
 
Datestamp
2015-09-09 03:00:25 
Abstract :
Sari Nia Puspita. 2014. Keragaman Penulisan Unsur Naskah Drama Siswa Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Djoko Saryono M. Pd. (II) Dr. Heri Suwignyo M. Pd. Kata kunci pembelajaran drama naskah drama. Menulis kreatif naskah drama merupakan salah satu kompetensi dasar yang terdapat pada Standar Isi mata pelajaran bahasa Indonesia Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 jenjang SMP/MTs kelas VIII semester gasal yaitu menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide. Berdasarkan observasi yang pernah dilakukan di MTs Sunan Kalijogo Malang belum pernah ada penelitian tentang kegiatan menulis kreatif naskah drama mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman penulisan unsur naskah drama siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang tahun pelajaran 2013/2014 dan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) menguraikan keragaman penulisan unsur naskah drama siswa dalam mengembangkan gagasan (2) menguraikan keragaman penulisan unsur naskah drama siswa dalam menentukan tema dan amanat berdasarkan gagasan yang ditemukan (3) menguraikan keragaman penulisan unsur naskah drama siswa dalam menyusun kerangka naskah drama berdasarkan unsurnya dan (4) menguraikan keragaman penulisan unsur naskah drama siswa dalam mengembangkan naskah drama ke dalam unsur-unsur intrinsiknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penelaahan teks sastra. Sumber data yaitu siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Sunan Kalijogo Malang yang berjumlah 24 anak. Data pada penelitian ini berupa data pemahaman naskah drama tentang (1) keragaman pengembangan gagasan dalam penulisan unsur naskah drama (2) keragaman penentuan tema dan amanat berdasarkan gagasan yang ditemukan dalam penulisan unsur naskah drama (3) keragaman penyusunan kerangka dalam penulisan unsur naskah drama dan (4) keragaman pengembangan unsur-unsur intrinsik dalam penulisan naskah drama yang ditulis oleh siswa kelas VIII A dan B yang berjumlah 24 siswa. Data tersebut dikumpulkan dengan cara penugasan kodifikasi dan tabulasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa (1) siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang mengembangkan gagasan secara bervariasi melalui perincian dan pengalaman (2) siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang menentukan tema dan amanat secara bervariasi melalui aspek kejiwaan manusia dan aspek sosial berdasarkan gagasan yang ditemukan (3) siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang menyusun kerangka naskah drama secara bervariasi berdasarkan unsurnya dengan urutan logis yang meliputi pembuka inti dan penutup serta (4) siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Malang mengembangkan naskah drama ke dalam unsur-unsur intrinsiknya secara bervariasi berupa tiga unsur pokok yaitu unsur tema yang meliputi aspek kejiwaan manusia dan aspek sosial unsur tokoh yang meliputi kedudukan tokoh dan ciri perwatakan tokoh serta unsur alur yang meliputi tahap pelukisan awal pertikaian awal klimaks penyelesaian dan keputusan. Sejalan dengan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada guru Bahasa Indonesia MTs Sunan Kalijogo Malang kelas VIII agar hasil penelitian ini digunakan sebagai referensi proses pembelajaran drama khususnya menulis kreatif naskah drama. Kepada peneliti selanjutnya perlu dilanjutkan penelitian dengan metode kualitatif dan dari aspek yang diteliti berupa unsur-unsur intrinsik naskah drama berupa latar dialog petunjuk lakuan dan gaya bahasa serta unsur-unsur ekstrinsiknya.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang