DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara stres kerja dan produktivitas kerja karyawan bagian marketing / Nita Kusumaningtyas
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Kusumaningtyas, Nita
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Kata Kunci Stres Kerja Produktivitas Kerja. Karyawan marketing dituntut untuk dapat terus meningkatkan penjualan ditengah krisis global yang terjadi saat ini sesuai target yang telah ditetapkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran tingkat stres kerja (2) gambaran tingkat produktivitas kerja dan 3) hubungan antara stres kerja dan produktivitas karyawan marketing. Penelitian ini menggunakan desain korelasional terhadap 30 karyawan bagian marketing pada dealer Malang. Skala Stres Kerja yang digunakan mempunyai 31 aitem koefisien validitas item 0 306-0 677 dan reliabilitas ( 945 ) 0 879. Variabel produktivitas kerja diukur berdasarkan indeks perbandingan antara gaji total karyawan dengan gaji standar maksimal yang diberikan perusahaan kepada karyawan. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan negatif antara stres kerja dengan produktivitas kerja pada karyawan bagian Marketing pada Dealer Yamaha Sarana Mas Sejahtera motor Malang (rxy -0 036sig 0 425 0 05). Artinya semakin tinggi stres kerja maka produktivitas kerjanya semakin rendah. Hasil analisis deskriptif terhadap tingkat stres kerja karyawan 2 orang (7%) termasuk tinggi 23 orang (76%) termasuk sedang dan 5 orang (17%) termasuk rendah. Dan hasil analisis tingkat produktivitas karyawan 6 orang (20%) termasuk tinggi 19 orang (63.3%) termasuk sedang dan 5 orang (16.7%) termasuk rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada karyawan bagian marketing untuk meningkatkan produktivitas keja dengan menghindari terjadinya stres kerja yang tinggi. Produktivitas kerja ditingkatkan dengan mengadakan pelatihan kemampuan interpersonal di bidang marketing. KATA PENGANTAR  

Institution Info

Universitas Negeri Malang