DETAIL DOCUMENT
KESESUAIAN TINGKAT BERPIKIR PADA SOAL UJIAN DAN TUGAS MATA PELAJARAN DENGAN INDIKATOR KOMPETENSI DASAR KELOMPOK KEAHLIAN DESAIN PERMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMK ISLAM 1 BLITAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Rohmi, Nur’aini Zurifa
Subject
TH Building construction 
Datestamp
2020-12-07 06:08:50 
Abstract :
RohmiNurainiZurifa.2019.KesesuaianTingkatBerpikirpadaSoalUjiandanTugasMataPelajarandenganIndikatorKompetensiDasarKelompokKeahlianDesainPermodelandanInformasiBangunanSMKIslam1Blitar.SkripsiJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SutrisnoS.T.M.Pd.(II)Dr.H.TriKuncoroS.T.M.Pd.KatakunciKesesuaianindikatorkompetensidasarsoalujiantugastingkatberpikirSoalujiandantugasmatapelajaranadalahperangkatuntukmengevaluasihasilbelajarsiswadisekolah.Sedangkanindikatorkompetensidasarberperansebagaitujuandaripembelajaranyangdisusunolehguru.Soalujiandantugasmatapelajarandiharapkanmempunyaikesesuaiandengantingkatberpikiryangtelahdisusunpadaindikatoragardapatmengukurcapaiantingkatberpikirsiswasecaratepat.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikantingkatberpikirpadaindikatorKompetensiDasar(KD)capaiantingkatberpikirpadasoalujiancapaiantingkatberpikirpadatugasmatapelajarankesesuaiantingkatberpikirpadasoalujiandantugasmatapelajarandenganindikatorKompetensiDasar(KD)diSMKIslam1Blitar.Penelitianinitermasukkedalampenelitiandeskriptifkomparatif.PopulasidaripenelitianiniadalahindikatorkompetensidasartugasdansoalujiandariseluruhmatapelajarankejuruanSMKIslam1Blitar.SampelyangdiambiladalahindikatorkompetensidasartugasdansoalujiandarimatapelajaranGambarTeknikMekanikaTeknikAplikasiPerangkatLunakdanInteriorGedungKonstruksidanUtilitasBangunanEstimasiBiayaKonstruksidanDasar-dasarKonstruksiBangunandiSMKIslam1Blitar.Datayangterkumpuladalah130butirindikatorkompetensidasar35butirtugas221butirsoalUH78butirsoalUTSdan190butirsoalUAS.Analisisdilakukandenganmendeskripsikantingkatberpikirdarimasing-masingbutirdatauntukkemudiandicarinilaipersentasedanrata-ratacapaiantingkatberpikir.Hasildarirata-ratacapaiantingkatberpikirdigunakanuntukujibedamenggunakanujiOneWayAnova.HasilpenelitianmenunjukkancapaiantingkatberpikirIndikatorKompetensiDasarterdapattingkatberpikirC1sebesar692%C2sebesar70%C3sebesar1769%danC4sebesar538%soalulanganharian(UH)terdiridaritingkatberpikirC1sebesar6561%C2sebesar2534%danC3sebesar905%soalujiantengahsemester(UTS)terdiridaritingkatberpikirC1sebesar3462%C2sebesar5513%danC3sebesar1026%soalujianakhirsemester(UAS)terdiridaritingkatberpikirC1sebesar6211%C2sebesar2684%danC3sebesar1105%dantugasterdiridaritingkatberpikirC1sebesar2000%C2sebesar1143%C3sebesar6286%danC4sebesar571%.HasilujibedaOneWayAnovadidapatkanhasilbahwacapaiantingkatberpikirpadatugasmatapelajaranberbedasecarasignifikanterhadapindikatorkompetensidasar.Capaiantingkatberpikirpadatugasberadadiatasindikatorkompetensidasar.TingkatberpikirpadasoalUHUTSdanUASjugaberdedasecarasignifikanterhadapindikatorkompetensidasar.CapaiantingkatberpikirpadasoalUHUTSdanUASberadadibawahindikatorkompetensidasar.Darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwa1)Rata-ratacapaiantingkatberpikirindikatorKDadalahC2(memahami)2)Rata-ratacapaiantingkatberpikirsoalujianadalahC2(memahami).3)Rata-ratacapaiantingkatberpikirtugasmatapelajaranadalahC3(menerapkan)4)TingkatberpikirpadasoalujianmasihberadadibawahtingkatberpikirindikatorKDyangtelahditetapkan5)TingkatberpikirpadatugasmatapelajaranberadadiatastingkatberpikirindikatorKDyangtelahditetapkan 

Institution Info

Universitas Negeri Malang