DETAIL DOCUMENT
Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan foto peristiwa untuk siswa kelas VII SMP / Yuntarti Sovita Sari
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Sari, Yuntarti Sovita
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Sari Yuntarti Sovita. 2015. PengembanganBahan Ajar MenulisCerpendenganFotoPeristiwauntukSiswaKelas VII SMP. Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastraUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. WahyudiSiswanto M.Pd (II) InderaSuherjanto S.Pd. M.Sn. Kata Kunci pembelajaransastra bahan ajar menuliscerpen Penelitianpengembanganinidilatarbelakangiolehhasilstudipendahuluanbahwapembelajaranmenuliscerpenmengalamibeberapakendala.Hambatanpembelajaranterjadipadasiswa.Siswacenderungmengganggapbahwamenuliscerpenadalahkegiatanmembosankandanhanyabisadilakukanolehmereka yang memilikibakatmenulis. Guru menyampaikanpembelajaranmenuliscerpen di dalamkelasbersifatteoritisdengansumberbelajar yang terbatas. Guru dansiswaterutamasiswamemerlukanbahan ajar yang dapatmengatasihambatandanmendukungkelancaranmenuliscerpen. Bahanajarmemegangperananpentingterhadappembelajaran karenabahan ajar dapatmempermudah proses pembelajaransehinggatujuanpembelajaran yang telahditentukandapattercapaisecara optimal. Tujuanpembelajaranmenuliscerpenatausastraantaralain (1) membantumeningkatkanketerampilanberbahasa (2) meningkatkanpengetahuanbudaya (3) mengembangkanciptadan rasa dan (4) menunjangpembentukanwatakataukarakter. Beberapahaltersebutmemberipertimbangan bahan ajar menuliscerpenuntukpembelajaranmenyusunataumenuliscerpenperludikembangkan agar tujuanpembelajaranmenuliscerpendapatdicapai. Penelitianinimenghasilkanprodukbahan ajar pembelajaranuntukmenuliscerpen.Bahan ajar tersebutdiberinamaFotokuCeritaku.Bahan ajar memergunakanfotountukmempermudahtahapan-tahapanmenuliscerpenuntuksiswa.Bahan ajar FotokuCeritakudikembangkanberdasarpendekatansaintifik yang dianjurkanolehkurikulum 2013.Bahan ajar FotokuCeritakumemberikankesempatanbagisiswadalammengonstruksipengetahuanmerekasendiriuntukmenghasilkantulisanatauproduknyata yaknikaryasastrasiswaberupacerpen di dalamkelas. Tujuanpenelitianiniadalah (1) mengembangkanproduk yang layakdarisegiisi (2) mengembangkanproduk yang layakdarisegisistematikanpenyajian (3) mengembangkanproduk yang layakdarisegitampilan dan(4) mengembangkanproduk yang layakdarisegibahasa. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembangan.Rancanganpenelitianinidiadaptasidariprosedurpenelitianpengembangan Borg dan Gall. Berdasarkanprosedurtersebut terdapattujuhtahapprosedurpenelitian yakni (1) studipendahuluan (2) perencanaan (3) pengembangandrafproduk (4) ujiahlidanujipraktisi (5) revisihasilujiahlidanujipraktisi (6) ujilapangan dan(7) penyempurnaanprodukakhir. Ujiprodukdilakukandenganmelibatkan (1) ahlisastra (cerpen) (2) ahlipembelajaranBahasadanSastra Indonesia (3) praktisi yakni guru BahasadanSastra Indonesia dan (4) lapangan yaknisiswakelas VII C SMP Negeri 9 Malang. Jenis data penelitianiniadalah data kuantitatifatau numeric dan data kualitatifatau verbal.Data numerikberupa data skor yang diperolehdarihasilangketpenilaianahli praktisi dansiswaterhadapproduk.Data verbal dibedakanmenjadi data tertulisdan data lisan.Data tertulisberupacatatan komentar kritik maupun saran-saran yang dituliskansubjekujipadaangketpenilaian sedangkan data verbal lisanberupainformasi yang disampaikansecaralisanketikawawancaradenganketigakelompokuji.Hasilwawancaraselanjutnyaditranskripsi agar dapatdianalisis. Padapenelitianini penelitibertindaksebagaihuman instrument.Angketpenilaiandanpedomanwawancarabebasdigunakansebagai instrument pengumpulan data.Analisis data dilakukandengancara (1) mengumpulkan data verbal tertulis yang diperolehdariangketpenilaian (2) mentranskrip data verbal lisan dan (3) menganalisis data danmerumuskansimpulananalisissebagaidasaruntukmelakukantindaklanjutterhadapproduk yang dikembangkan. Ujiprodukmelibatkanahlisastra (cerpen) menghasilkan rata-rata kelayakanproduk 77 77% ahlipembelajaranBahasadanSastra Indonesia 84 67% praktisi 88 75% dansiswa 82 74%. Berdasarkanhasilujimelibatkanahlisastra (cerpen) danahlipembelajaran produktergolonglayakdansiapuntukdiimplementasikan.Berdasarkanhasilujimelibatkanpraktisi produktergolongsangatlayakdansiapuntukdiimplementasikan.Namun adabeberapaaspek yang perludirevisidanditambahkanberdasarkankomentardan saran perbaikandariahlisastra (cerpen) ahlipembelajaranBahasadanSastra Indonesia.Ujilapangandenganmelibatkansiswakelas VII SMP Negeri 9 Malang ujicobalapanganhanyadilakukanpadasatukelasyaitukelas VII C. ujilapangandimaksudkanuntukmengetahuiresponsiswaterhadapbahan ajar FotokuCeritaku yang diterapkandalampembelajaranmenyusunataumenuliscerpen. Simpulanpenelitianpengembanganiniadalahbahan ajar FotokuCeritakuyang dikembangkanberdasarkantahapanmenulisceritapendekdenganmenunjukkanbahwaproduktergolonglayakdansiapdiimplementasikandalampembelajaranmenuliscerpen.Sebagailangkahpemanfaatanprodukhasilpengembangan guru disarankanuntukmenggunakanbahan ajar FotokuCeritakusebagaisalahsatualternatifbahan ajar untukmengajarkankompetensimenyusunataumenuliscerpen.Siswadisarankanuntukmengikutisetiaptahapan-tahapanmenuliscerpen yang disaj 

Institution Info

Universitas Negeri Malang