DETAIL DOCUMENT
Penggunaan video nicos weg sebagai media pembelajaran mandiri bahasa jerman untuk siswa sma laboratorium um / Christabella Agatha
Total View This Week1
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Agatha, Christabella Agatha
Subject
 
Datestamp
0000-09-09 03:00:25 
Abstract :
Sejak Indonesia memasuki era new normal sekolah menerapkan pembelajaran daring. Kendala yang sering dirasakan siswa yaitu jaringan internet tidak stabil dan kondisi rumah yang membuat siswa tidak fokus dan tidak mendapat materi yang cukup dari guru. Oleh karena itu siswa diharapkan dapat belajar secara mandiri di luar jam sekolah untuk meningkatkan pemahaman materi. Seiring dengan kondisi tersebut terdapat media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk fokus pada kegiatan belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan video Nicos Weg dalam kegiatan bahasa Jerman mandiri serta untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan media tersebut. Pengambilan data dilakukan selama jam pelajaran bahasa Jerman melalui Zoom. Sumber data penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 SMA Laboratorium UM. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan instrumen utama adalah peneliti sendiri dan didukung dengan lembar observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama kegiatan belajar mandiri sebagian besar siswa tidak mengalami kesulitan baik saat mengakses website Nicos Weg menonton video maupun mengerjakan latihan soal. Hasil wawancara menunjukkan bahwa video Nicos Weg membantu siswa sebagai pemula untuk belajar bahasa Jerman lebih mudah dan efektif. Walaupun ada beberapa kendala yang dialami siswa mampu melaksanakan kegiatan belajar mandiri dengan baik. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang