Abstract :
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah upaya yang ditujukan kepada anak usia nol hingga enam tahun untuk memberikan rangsangan pendidikan yang mendukung pertumbuhan jasmani dan rohani. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka menjelang pendidikan dasar sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Penelitian ini memfokuskan pada persepsi ibu milenial terhadap PAUD di Kelurahan Lowokwaru Kota Malang. Metode penelitian adalah kuantitatif pendekatan deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 100 ibu milenial di Kelurahan Lowokwaru diambil dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pandangan ibu milenial terhadap anak usia dini pendidikan anak usia dini dan urgensi bergabung di lembaga PAUD cenderung tinggi. Rata-rata presentase kategori tinggi pada ketiga variabel tersebut adalah 97 2% untuk pandangan tentang anak usia dini 89 8% untuk pandangan tentang pendidikan anak usia dini dan 86 4% untuk urgensi bergabung di lembaga PAUD. Hasil ini mencerminkan kesadaran dan pemahaman yang tinggi dari ibu milenial terhadap pentingnya PAUD dalam membantu perkembangan anak sejak dini. Implikasinya penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya peran orang tua terutama ibu milenial dalam mendukung pendidikan anak usia dini di Kelurahan Lowokwaru Kota Malang.