Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis Inkuiri terbimbing berbantuan mind map untuk melatih keterampilan kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE oleh Branch tahun 2009. Produk pengembangan diuji kelayakannya oleh ahli materi dan perangkat, serta diuji kepraktisannya oleh ahli lapangan. selain itu, uji kepraktisan juga dilakukan kepada siswa di kelas XI IPA 5 dan 6 dengan tiga tahap evaluasi formatif yaitu; One to One Trial berjumlah tiga siswa, Small Evaluation Group berjumlah sepuluh siswa, dan Formative Evaluation on Trial in Field berjumlah 30 siswa. Hasil dari penelitian pengembangan produk ini berupa silabus, RPP, dan UKBM. Instrumen penilaian merupakan alat untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Instrumen dibuat dengan menggunakan soal tes berpikir kritis dan soal tes kognitif. Persentase kevalidan keseluruhan diperoleh dengan rentang skor 89-100% dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk persentase kepraktisan diperoleh dengan rentang skor 75-100% dengan kategori sangat praktis.