Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Rizka Arinda Yuniarti, Rizka Arinda Yuniarti
Subject
L Education (General)
Datestamp
2023-10-10 03:33:08
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi role playing untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA MA Bilingual Batu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai dari tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 MA Bilingual Batu dengan jumlah 22 siswa yang dipilih melalui studi pendahuluan berupa wawancara dan angket kepada guru serta siswa. Keterampilan kolaborasi diukur menggunakan lembar observasi kolaborasi sesuai rubrik keterampilan kolaborasi. Hasil belajar kognitif diukur berdasarkan tes berupa uraian dan pilihan ganda. Keseluruhan data dianalisis dengan triangulasi data yang terdiri dari reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi problem based learning terintegrasi role playing meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar kognitif terhadap siswa kelas XI MA Bilingual Batu. Peneliti memberikan saran dalam penerapan model PBL terintegrasi role playing guru perlu mengindetifikasi masalah kontekstual sehingga dapat model ini dapat diterapkan, pembuatan naskah role play harus tepat untuk mendapatkan konsep pengetahuan yang benar, refleksi tindaka sangat penting dilakukan untuk perbaikan siklus selanjutnya apabila masih terdapat kekurangan, dan perlunya pengkajian lebih lanjut terhadap model PBL terintegrasi role playing untuk mengetahui pengaruhnya terhadap variabel lain.