DETAIL DOCUMENT
Pengaruh penyuluhan menggunakan media power point terhadap tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku tentang pencegahan cacingan pada siswa kelas 5 dan 6 SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang / Suci Nur Ramadhani
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Ramadhani, Suci Nur
Subject
 
Datestamp
2018-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Ramadhani Suci Nur. 2017. Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Power Point Terhadap Tingkat Pengetahuan Sikap dan Perilaku Tentang Pencegahan Cacingan pada Siswa Kelas 5 dan 6 SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakt Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Sapto Adi M.Kes. (II) drg. Rara Warihgayatri M.PH. Kata kunci media power point cacingan pengetahuan sikap perilaku. Penyakit Cacingan merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui tanah. Cacingan termasuk dalam jenis Neglected Tropical Diseases (NTDs) yaitu jenis penyakit menular yang merupakan ciri khas dari daerah beriklim tropis. Hasil survey Dinas Kesehatan pada tahun 2013 prevalensi kejadian cacingan yang ditularkan melalui tanah di Sekolah Dasar (SD) mencapai 28 12% dengan rincian 60% siswa terinfeksi cacing gelang 16% siswa terinfeksi cacing cambuk dan 7% siswa terinfeksi cacing tambang. Untuk menekan angka kejadian cacingan maka perlu adanya upaya pencegahan untuk mencegah kejadian penyakit cacingan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan diberikan penyuluhan kesehatan mengenai pencegahan cacingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penyuluhan dengan media power point terhadap tingkat pengetahuan sikap dan perilaku pada siswa kelas 5 dan 6 SDN 01 Kromengan Penelitian ini bersifat quasi experimental dengan metode pretest-postest group design. Penelitian quasi experiment dilakukan untuk mengukur kefektifan pengaruh suatu intervensi yang diberikan. Dengan subjek penelitian 42 siswa degan menggunakan total sampling yang dilakukan di SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang dan dilakukan pada bulan April-Mei 2017. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dibagikan langsung pada siswa. Analisis data menggunakan uji t - berpasangan dengan taraf signifikan 0.05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh dengan hasil uji paired sample test menyatakan bahwa ada perbedaan antara pretest-posttest menunjukkan bahwa t-hitung pengetahuan (-10 094) sikap (-7 658) dan perilaku (-8 762) t-tabel (1 684). Dapat disimpulkan adanya pengaruh penyuluhan menggunakan media media power point terhadap tingkat pengetahuan sikap dan perilaku siswa kelas 5 dan 6 SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang. Sehingga media power point dapat digunakan dan menjadi rekomendasi sebagai media dalam melakukaan penyuluhan tentang pencegahan cacingan. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang