DETAIL DOCUMENT
Hubungan mutu pelayanan (berdasarkan aspek fisik dan reliabilitas dalam dimensi mutu Dabholkar) dengan pemanfaatan pelayanan antenatal care di Puskesmas Dinoyo Kota Malang / Ria Saputri Dwi Haryana
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Haryana, Ria Saputri Dwi
Subject
 
Datestamp
2018-09-09 03:00:25 
Abstract :
RINGKASAN Haryana RiaSaputriDwi. 2018. HubunganMutuPelayanan (BerdasarkanAspekFisikdanReliabilitasDalamDimensiMutuDabholkar) DenganPemanfaatanPelayanan Antenatal Care di PuskesmasDinoyo Kota Malang. Skripsi. JurusanIlmuKesehatanMasyarakat. FakultasIlmuKeolahragaan. UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. SaptoAdi M.Kes. (II) NurnaningsihHeryaUlfah S.KM. M.Kes. Kata Kunci mutupelayanan aspekfisik reliabilitas dapholkar pemanfaatan ANC Angkakematianibu (AKI) di Kota Malang meningkatsebesar 7 05 per 100.000 KH padatahun 2016 salahsatupenyebabkematianibumelahirkanadalahkurangnyakesadarandalammemeriksakankehamilanatauAntenatal Care (ANC). ANC merupakan program wajibdalampenyelenggaraan program kesehatanibudananak di puskesmas. Cakupankunjungan ANC terendah di Kota Malang adalahPuskesmasDinoyo (K1 71 18% dan K4 64 20%) denganjumlahibuhamilterbanyakyaitu 1.447 jiwa. Tingginyajumlahibuhamilseharusnyaberbandinglurusdenganpemanfaatanpelayanan ANC. Mutupelayanan yang baikakanmeningkatkankepuasanpasiendantingkatkunjungan. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuihubunganmutupelayanan (aspekfisikdanreliabilitasdalamdimensimutuDabholkar) denganpemanfaatanpelayanan ANC. Penelitianiniadalahpenelitiananalitikdenganpendekatancross sectional. Penentuanjumlahsampeldihitungmenggunakanrumusslovindanteknikcounsecutive sampling diperoleh 69 ibuhamilsebagaisampel. Pengumpulan data menggunakankuesionerdananalisis data yaituunivariatdanbivariatmenggunakanchi squaredenganbantuanaplikasisoftwear computer denganderajatkepercayaan 95%. Hasilpenelitianinimenunjukkanmutupelayanan ANC di PuskesmasDinoyo Kota Malang berdasarkankeduavariabelyaituaspekfisik (79%) danreliabilitas (82 6%) dalamdimensimutuDabholkaradalahcukup. Dari 69 responden 100% respondenmenyatakanpetugastelahberpenampilanrapidanbaiksaatbekerja sertapetugaskesehatantelahmenggunakanbahasa yang mudahdipahamisaatberbicaradengansistempencatatanpasien yang baiksehinggapasienmerasapuasdenganpelayananpetugas di poli KIA karenasesuaidengankebutuhanpasien. Tingkat pemanfaatanpelayanan ANC di PuskesmasDinoyotergolongrendah. Analisisbivariatmenunjukkanaspekfisik (p 0 332) danreliabilitas (p 0 491) yang secarastatistikmenyatakantidakberhubungandenganpemanfaatanpelayanan ANC. Berdasarkanhasilpenelitianinidisimpulkanbahwatidakadahubungan yang signifikanantaramutupelayanan (berdasarkanaspekfisikdanreliabilitasdalamdimensimutuDabholkar) denganpemanfaatanpelayanan ANC di PuskesmasDinoyo Kota Malang.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang