DETAIL DOCUMENT
Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk topik unsur-unsur fisik wilayah Indonesia / Firdausiy
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Firdausiy
Subject
 
Datestamp
2008-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Firdausiy. 2008. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer untuk Topik Unsur-unsur Fisik Wilayah Indonesia. Skripsi Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Budi Handoyo M.Si (2) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. Kata-kata kunci Multimedia pembelajaran interaktif komputer unsur-unsur fisik wilayah Indonesia. Aplikasi teknologi di dunia pendidikan dapat dilakukan dengan memanfaatkan multimedia dalam proses pembelajaran utamanya pelajaran geografi yang mengandung banyak informasi di dalamnya sehingga tidak cukup disampaikan hanya dengan metode ceramah. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif untuk topik unsur-unsur fisik wilayah Indonesia. Media ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi serta dapat merangsang siswa untuk mengembangkan kreativitas dan daya pikir mereka terhadap materi yang dipelajari. Model pengembangan multimedia meliputi beberapa tahap yaitu (1) Identifikasi kebutuhan yang terdiri dari matapelajaran dan karakteristik siswa. (2) Perumusan tujuan pembelajaran. (3) Spesifikasi media. (4) Pengembangan terdiri dari persiapan pelaksanaan editing. (5) Produksi prototipe multimedia. (6) Validasi kelompok kecil melalui tiga subyek coba yaitu seorang ahli media seorang ahli materi dan 20 audiens sebagai sampel yang dianggap telah mewakili populasi satu kelas. (7) Revisi. (8) Pengemasan. Data penelitian bersifat kuantitatif dan diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta audiens di sekolah yang diambil dengan metode stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket yang dianalisis dengan teknik persentase. Hasil uji validasi diketahui bahwa media ini valid dengan nilai 92% dan kriteria valid. Berdasarkan hasil uji validasi tersebut disimpulkan bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Beberapa saran dari hasil penelitian ini antara lain (1) guru diharapkan menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk menjelaskan materi unsur-unsur fisik wilayah Indonesia. (2) untuk peneliti lanjutan proses validasi hendaknya dilakukan lebih dari sekali agar produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan dapat optimal dan lebih menarik baik dari segi tampilan maupun kandungan materinya. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang