DETAIL DOCUMENT
Penerapan metode diskusi syndicate group untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 2 semester II SMA Laboratorium UM tahun pelajaran 2007/2008 / Beny Rahman
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Rahman, Beny
Subject
 
Datestamp
2008-09-09 03:00:25 
Abstract :
ABSTRAK Rahman Beny. 2008. Penerapan Metode Diskusi Syndicate Group untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 Semester II SMA Laboratorium UM Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Timotius Suwarna M.Pd. (II) Drs. Yusuf Suharto. Kata kunci metode diskusi syndicate group motivasi hasil belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM diperoleh data bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Geografi rendah sehingga hasil belajar Geografi pun mengalami penurunan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan metode pembelajaran yang tepat sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Geografi siswa maka dipilih metode diskusi Syndicate Group untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan metode diskusi Syndicate Group dalam pembelajaran Geografi dapat meningkatkan motivasi belajar serta (2) apakah penerapan metode diskusi Syndicate Group dalam pembelajaran Geografi dapat meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM. Penelitan ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar Geografi siswa kelas XI IPS 2 (2) meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium UM yang berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan yang sedang mengikuti proses pembelajaran Geografi. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test lembar observasi motivasi belajar post tes I dan II lembar penialain kognitif dan afektif serta pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata motivasi belajar siswa siklus I sebesar 6 96 meningkat menjadi 9 40 pada siklus II. Kenaikan skor rata-rata motivasi belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 2 44. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 79 26 meningkat menjadi 83 66. Kenaikan skor rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 4 4. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi Syndicate Group dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Laboratoriun UM. Saran dari penelitian ini adalah bagi guru mata pelajaran Geografi SMA Laboratorium UM disarankan untuk menerapkan metode pembelajaran diskusi Syndicate Group dalam proses pembelajaran terutama pada kompetensi dasar kualitas lingkungan hidup agar dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar Geografi siswa.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang