DETAIL DOCUMENT
Identifikasi kesalahan konsep esensial dalam pembelajaran geografi untuk pokok bahasan pola keruangan desa kota pada siswa SMU Negeri di Kota Banjarmasin oleh Parida Angriani
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Angriani, Parida
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Salahs atuh ambatand alam.peningkatanm utu pengajarang eografia dalah rendahnyap enguasaank onsepg eografio leh siswa. Kesalahanp enguasaank onsep yangt erjadi padas iswa tersebutt idak terlepasd ari kesalahanp enguasaanko nsep yangdimilikip ihakg uru k arenag uru berkornpetedna lamr nenanarnkakno nsepy ang benarp adas iswa.R endahnyap enguasaank onsept ersebuta kan menimbulkan persepsyi ang keliru terhadapp endidikang eografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (l) besarnya tingkat kesalahan konsepe sensiald alam pembelajarang eografi untuk pokok bahasanP ola Keruangan DesaK otay angt elahd ialamio lehp aras iswaS MU Negerid i kota Banjarmasin (2) konsep-konsepya ng masih salahd ipahamio leh para siswa SMU dipandangd ari materi pelajaran geografi dalam pokok bahasan Pola Keruangan Desa Kota dan (3) fahor-faktor yang menyebabkante rjadinyak esalahank onsepd alam pembelajaran geografi oleh para siswa SMU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan dimaksudkan untuk mendapatkanin formasi faktual yang lengkapd an sistematism engenaik esalahan konsep geografi pada siswa kelas II SMU Negeri di kota Banjanr asin. Penentuan sampel sekolah dilakukan dengan cara simple random sampling sedangkan sampel respondend itentukand enganj alan menentukant erlebih dahulu sampelk elas. Semua siswap adas ampelk elas akan dijadikan salnpelr espondeny ang berjurnlah I 0 siswa. Pengumpuland ata dilakukan denganm enggunakante s untuk mernperolehd ata kesalahanko nsepg eografis iswa s edangkand atat entangf aktor penyebabt erjadinya kesalahank onsepp adas iswad iperolehd enganm enggunakana ngket.A nalisis data denganm enggunakana nalisisd eskriptif persentase. Hasil penelitiani ni menunjukkanb ahwa( l) tingkat kesalahank onsepp ada siswas ebesar4 2 5o/o( 2 ) konsep-konsepy ang masih salahd ipaharnio leh siswa berdasarkaknr iterianyaa dalahk riteria kecil padak onsepp ola konsepi nteraksi konsep differensiasi dan konsep interaksi keruangan. Kriteria cukup yaitu pada konsepl okasi konsepj arak konsepk eterjangkauank onsepm orfologi dan konsep sumberdayas.e dangkank onsepa glomerasit ermasukd alam kriteria sangatb esar d an (3) faktor yang menjadip enyebabt erjadinyak esalahank onsepa dalahr endahnya kemampuagnu rud alamm enguasami aterip elajaranS. edangkakne matnpuagnu ru dalamm enjelaskamn e ngaktifkasni swa d anb ukut ekss udahd inilai baik. Berdasarkahna silp enelitianin i sarany angd apatd iberikany aitu( ) guru sebaiknymae mperbaikkiu alitasp engajarannydae nganjalanm elakukank oreksi terhadakpe mampuadna lamm engajar( 2 ) siswah endaknyale biha ktif dalamp roses belajamr engajadr a n( 3) bagip enelitil ain diharapkanm engadakapne nelitianla njut terhadafpa hor-faktorl ain yangm enyebabkatne rjadinyak esalahakno nsepg eogtafi padas iswa. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang