DETAIL DOCUMENT
Penerapan penilaian autentik mata pelajaran geografi sub pokok bahasan perairan darat dan laut kelas 1 semester II MAN 3 Malang tahun ajaran 2003/2004 oleh Yenny Fatmawati
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Fatmawati, Yenny
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Dewasa ini penilaiany ang dilakukan oleh guru masih menekankanp ada penilaiapna per and pencil test yang berupas oal-soapl ilihan ganday ang umumnya hanyad apatm engungkapkank emampuanb aca (kogaitif) siswa. Menyadari adanya kekurangatne s tersebut m aka perlu dicari cara dan alat penilaiany ang tepat untuk mengukurp engetahuank eterampilan dan disposisi tertentu siswa. Cara atau alat tersebutte duangd an dibahasd alam suatuk onsepy ang lebih umum yaitu asesmen autentik (penilaian autentik). Asesmen autentik berdasarkan cin-cinnya memungkinkanu ntuk diterapkan padas iswa-siswaS LTA. Hal itu dikarenakanp ada tingkat SLTA siswa sudah mulai dituntut untuk melatih dan mengembangkan kemandiriann alar dan logika belajar siswa. Berdasarkanp emikiran di atas penelitianin i ingin melakukant elaah terhadapp enerapanp enilaian autentik dengan mengambijlu dul penelitian yaitu PenerapanP enilaian Autentik Mata Pelajaran Geografi Sub Pokok Bahasan Perairan Darat dan Laut Kelas I Semester II MAN 3 MalangT ahunA jaran2 00312004. Tujuanp enelitiana dalahu ntuk mengetahui( l ) Penerapanp enilaiana utentik matz Wlajuan geografr sub pokok bahasan Perairan Darat dan Laut di MAN 3 Malang (2) Tanggapan siswa terhadap penilaian autentik pada mata pelajaran geografis ubp okok bahasanP erairanD arat dan Laut di MAN 3 Malang. Penelitian dirancang menggunakan rancangan penelitian Tindakan Kelas (classrooma ction research).P enelitiani ni terbagi dalam4 siklus belajar.M asingmasing sikf us penelitian melalui 4 tahap yaitu I ) menyusun rencana tindakan 2) melaksanakatinn dakan 3 ) melakukano bservasid an 4) melakukanr efleksi.S ubjek penelitian adalah siswa kelas lh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang yang tepatnya beradad i JalanB andungn omor 12 Malang.D ata yangd ikumpulkand alamp enelitian ini adalahd ata berupah asil pengamatanju mal open-endedq uestion d an angket siswa.S edangkayna ngm enjadis umberd ataa dalahs iswak elas lh MAN 3 Malang. Data penelitiand ari kegiatanp engamatana tau observasij u mal dan open-ended quesito n dianalisiss ecarad eskriptif Hasil penelitianm enunjukkan( l ) Penerapapne nilaiana utentikt erhadapm ata pelajaran geogrqfi sub pokok bahasan Perairan Darat dan Laut dengan pemberian tugas berupa jumal dan open-ended question adalah sebagai berikut a) adanya peningkatank emampuans iswa dalam membuatju rnal yang baik dan benar sesuai dengank emampuannydaa lam pen nsaan materi yang telah diajarkaq b) adanya fluktuatif kemampuan siswa dalam manjawab open-ended question yang lebih disebabkaonl eh materi pelajaran dimanaj ika materi pelajarant ersebut betkaitan denganke hidupans ehari-harmi aka siswa lebih mudahm enjawabnyad an sebaliknya jika materi pelajaran tersebut tidak berkaitan dengan kehidupan sehari-hari maka siswale bih sulit menjawabnya 2 ) Secarau mum siswa setuju terhadapp enerapan penilaiana utentik mata pelajaran geografi sub pokok bahasanP erairan Darat dan Lautd enganm emperhatikabne berapah al yaitu a) kesiapans iswa b) penguasaan gurut erhadapa utentik assesmentc ) alokasi waktu yang lebih lama dan d) sarana untukm enunjangk egiatanp embelajarany ang lebih ditingkatkan. 1l 

Institution Info

Universitas Negeri Malang