DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara sikap dan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi siswa kelas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalaimantan Selatan oleh Abdul Karim
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Karim, Abdul
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Siswa akan berhasil dalam belajarjika di dalam dirinya terdapat motivasi untuk belajar. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhti nggi rendahnyah asil belajar siswa. Selaini tu sikap siswat erhadap pelajaranIP S Geografijuga dapatm empengaruhtii nggi rendahnyah asil belajar. Namunk enyataannyah asil belajard i SLTP Negeri masih tidak mencapais asaran yang diinginkan. Tujubn dari penelitian ini adalah untuk mengetahui l) hubungan antara sikap dengan hasil belajar Geografi siswa kelas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalimantan Selatan 2) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar Geografi siswa kelas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalimantan Selatan dan 3) hubungana ntaras ikap dan motivasi belajar secarab ersama-samdae nganh asil belajar Geografi siswa kelas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalimantan Selatan. Penelitian ini bersifat deskriptifdengan rancangan korelasional. Populasinya adalah semua siswa kelas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalimantan Selatan. Pengambilans ampeld ilakukan denganp roporsionalr andom sampling.P engumpulan data sikap dan motivasi belajar siswa dilakukan dengan menggunakan kuesioner/angkeyta ng telah diuji validitas dan reliabilitasnya.S edangkanh asil belajars iswab idang studi IPS Geografid iperolehd ari nilai ulangans emester2 tahun 2002. Setelah dibuat distribusi frekwensi dan histogramnya selanjutnya data diolah dengan analisis korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa 1) sikap sebagianb esars iswa( 27)4%) sangatp ositif terhadapu payap eningkatanh asil belajar siswa 2 ) motivasi belajar sebagians iswa (8.577d sangatp ositifterhadap upayap eningkatanh asil belajar siswa 3) sebagians iswa(41. 43o/oh) asil belajarnyat ermasukd alam kategori cukup 4 ) ada hubungan positif yang sigaifikan antara sikap dengan hasil belajar siswa kelas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalimantan Selatand enganr 6 rns ebesa0r. 808 5 ) ada hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalimantan Selatand enganr hitunsge besar 0.579) 6) ada hubungan positifyang signifikan antara sikap dan motivasi belajar secarab ersama-samdae nganh asil belalar siswak elas II SLTP Negeri di Kota AmuntaiK alimantanS elatand enganR r terkoreks 0i .680 danF 6 6 74.387. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) ada hubungan positif yang signifikan antara sikap dengan hasil belajar siswa kelas II SLTP Negeri di Kota AmuntaKi alimantanS elatarL2 ) ada hubunganp ositif yang signifrkana ntaram otivasi belajadr enganh asil belajar siswak elas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalimantan Selatan3 ) adah ubunganp ositif yang signifikan antaras ikap dan motivasi belajar secarbae rsama-samdae nganh asil belajar siswak elas II SLTP Negeri di Kota Amuntai Kalimantan Se latan. Bertitik tolak dari temuanp enelitian ini maka disarankana garp ihak guru secarate rusm enerusm emperbaikid an menyikapi masalahp embelajarand a n siswa disarankatnu rtuk lebih intensif meningkatkans ikap dan motivasi belajarG eografik e arah yang positif agar hasil belajar Geografi dapat tercapai secara optimal. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dengan pengkajian yang lebih dalam dan cakupan yang lebih luas sehingga dapat memberikan gambaran yang lebihj elas dan pasti mengenaif aktor-faktor penting yang berhubungand enganh asil belajars iswa. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang