DETAIL DOCUMENT
Aktivitas belajar, faktor pendorong, dan penghambat motivasi belajar mahasiswa geografi penerima beasiswa Kanwil Diknas Kalimantan Selatan oleh Syairaji
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Syairaji
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Masih belum maksimalnyap restasib elajarm ahasiswap rogramb easiswa Sldari Kanwil Diknas Propinsi Kalimantan Selatan tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor baik faktor internal mahasiswa maupun faktor eksternal. Salah satu faktor yang internal yang diduga berpengaruha dalahm otivasi belajarm ahasiswa. Penelitian bertujuan untuk l) mengidentifikasi aktivitas belajar mahasiswa 2) mengidentifikasif aktor pendorongm otivasi belajar mahasiswad an 3) mengidentifikasif aktor penghambamt otivasi belajar mahasiswap enerimab easiswa Kanwil Diknas Kalimantan Selatan.P enelitiand irancangs ecarad eskriptif kuantitatif. Sedangkanm etodey ang digunakans urvai.P opulasid an sampelp enelitiana dalah seluruh mahasiswa penerima beasiswa dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan angkatan tahun 1999/2000 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas MPA UniversitasN egeri Malang sejumlah4 8 orang.I nstrumenp enelitianm enggunakan angket.A nalisis datas ecarad eskriptifdengant abulasid an persentase. Hasil penelitianm enunjukkan ( l) Aktivitas belajarm ahasiswap enerima beasiswad ari Kanwil Diknas Provinsi Kalimantan Selatanm asihr endahd engan rincian (a) aktivitas belajar mandiri 55 34 persen (b) aktivitas belajar kurikuler 50 61 persen( c) aktivitas belajark okurikuler 39 59 persen ( 2) Faktor pendorongm otivasi belajarm ahasiswaa dalah ( a) ingin menyenangkanh ati orang tua 87.50p ersen (b) ingin menambahp engetahuan8 3.33p ersen ( c) Ingin jadi PNS 77.08 persen ( d) ingin mendapat gelar sarjana 72.92 persen (e) beasiswa 72.92 persery (f) kelengkapans aranab elajar6 0.42 persen d an (g) targetl ama dan nilai kuliah 52.08 persen( 3) F4ktor penghambatm otivasi belajar mahasiswaa dalah ( a) pengawasan ujian yang masih lemah 93.75 persen (b) sistem penilaian dosen yang kurang obyektif87.50 persen (c) sarana belajar yang kurang lengkap 72.92 persen dan (d) lingkungank ost sebesar5 2.08 persen. Berdasarkanh asil penelitian m aka dapatd ikemukakanb eberapas afttn sebagabi erikut (l) Berusahau ntuk meningkatkana ktivitas belajart erutamab elajar mandiri dan kurikuler dalam rangka meningkatkan prestasi belajar dengan cara belajary ang efektif dan efisien (2) Guna meningkatkank ualitasm ahasiswap enerima progam beasiswa m aka diharapkana danyas eleksiy ang lebih baik sehingga mahasiswa yang menerima beasiswa adalah merupakan mahasiswa yang berkualitas danb erprestasi( 3 ) Untuk pihak jurusan PendidikanG eografiU M agard apat meningkatkan obyeklivitas penilaian terhadap mahasiswa dan memperketat pengawasanp ada wakfu ujian serta melengkapi saranad an prasaranab elajar mahasiswam isalnyam elengkapid an memperbaharuki oleksi bahanp ustakad i perpustakaans eda melengkapi saranad an peralatan laboratorium guna menunjang proses perkuliahan (4) Mahasiswa hendaknya dapatmemanfaatkan fasilitas belajar yangadas ecdrao ptimal mengetahuid an menjauhik egiatan-kegiatand i luar yang dapatm engganggua ktivitas dan motivasi belajar. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang