DETAIL DOCUMENT
Penggunaan media VCD untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas I Madrasah Aliyah Negeri Batu tahun ajaran 2003/2004 oleh Sumarsono
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Sumarsono
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Dunia pendidikans udaht erjangkitv erbalismes ejakl amap adahakl omunikasi verbal bukanlah satu-satunya bentuk komunikasi untuk menyampaikan informasi melainkand apatd isampaikand alam bentukv isual berupag ambar s imbol dan lainlainnya yang lazim disebut media. Media sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsangp ikiran perasaanp erhatiand an kemampuans iswa sehinggad apat mendorong te adinya proses belajar dalam siswa. Media merupakan bagian dari sumber belajar dan bagian integral dari pendidikan yang perlu dimanfaatkan dan didayagunakasne optimaml ungkin. Bertitik tolak dari hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahp enggunaamn ediaV CD dapatm eningkatkanh asilb elajar. Penelitiani ni merupakanp enelitiane ksperimenq uasid engand esainp re-tes dan pos-tesu ntuk masing-masinkge lompok.O byek penelitiana dalahs iswak elasI semesteIr MAN Batu tahun pelajaran2 003-2004y ang memiliki kriteria seimbang sampel penelitian ini dipilih secara random melalui undian sehinga sampel yang terpilih adalah kelas 1-3 sebagai kelompok eksperimen yang diajar geografi dengan menggunakamn ediaV CD dan kelasI -5 sebagaki elompokk ontrol yangd iajart anpa menggunakan media VCD. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar geografi khususnyas ub-pokokb ahasanP enginderaanJ auh untuk mengukurp restasi belajar geografi setelah mendapat perlakuan. Hasil analisis data denganm enggunakante knik t-tes diperoleh nilai t-hitung sebesa2r 878.Danu ntuk nilai tpadatabel dengand b 29 padatarafs ignifikansi5 % sebesar2 045.K arenat -hitungl ebih besard aripadat -tabels ehinggaa dap erbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Rata-rata hasil perolehan nilai siswa pada pre-tes untuk kelompok kontrol sebesar 3 3 demikianj uga untuk kelompok eksperimend an nilai yang diperolehp ada pos-tes adalah5 367u ntuk kelompokk ontrol dan5 967n tuk kelompoke ksperimenh asili ni menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol sehingga rlapat disimpulkan bahwa pengunaan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga disarankan kepada guru untuk menggunakanm edia VCD dalam pembelajarang eografi 

Institution Info

Universitas Negeri Malang