DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara tingkat keseringan belajar dan cara belajar dengan prestasi belajarmata pelajaran geografi siswa kelas 2 semester 1 SLTP Negeri 4 Malang oleh Zuhaidah
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Zuhaidah
Subject
 
Datestamp
2010-09-09 03:00:25 
Abstract :
Dalam proses belajar mengajar hal utama yang ingin dicapai oleh siswa adalah peningkatan prestasi belajar atau hasil belajar siswa. Keberhasilan tersebut adalah tergantung dari usaha dan keaktifan siswa itu sendiri untuk meningkatkan prestasbi elajar. Faklor intern yang diperkirakan hubungand enganp restasi belajar siswad iantaranyaad alaht ingkatk eseringanb elajard anc arab elajars iswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui l) hubungana ntarat ingkat keseringanb elajar denganp restasib elajar mata pelajaran Geografsi iswak elas 2 semesterI di SLTP Negeri 4 Malang 2) Hubungana ntara cuabelajar dengan prestasi belajar mata plajaran Geografi siswa kelas 2 semester I di SLTPN egeri 4 Malang 3) Hubungana ntarat ingkat keseringanb elajard an cara belajars ecarab ersama-samdae nganp restasib elajarm ata pelajaranG eografis iswa kelas 2 semester I di SLTP Negeri 4 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitiand irancangm enggunakanra ncangans urvey.M etode yang digunakana dalah metode survey. Instrumen penelitian menggunakan angket dan dokumentasi sedangkana nalisis data dengan uji korelasi product moment dan korelasi linear bergandaJ. umlah sampely ang diambil sebanyak1 00 siswad ari populasis ebesar2 60 siswa. Sampel diambil secara proportional random sampling dan untuk teknik penentuanre spondenm enggunakans yset mati c randoms ampI ing. Hasil penelitian menunjukkan l) Terdapat hubungan positif yang signifikan antarat ingkat keseringanb elajar denganp restasib elajar mata pelajaranG eografi siswa kelas 2 semester 1 di SLTP Negeri 4 Malang 2) Terdapat hubungan positif dan sigrifikan antarc cara belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran Geografi siswak elas2 semesteIr di SLTPN egeri4 Malang 3 ) Terdapaht ubunganp ositif dan signifikan secara simultan antara tingkat keseringan belajar dan cara belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Geografi siswa kelas 2 semester I di SLTP Negeri 4 Malang. Bertolak dari hasil penelitian maka saran yang dapat diberikan adalah l) Variabel yang paling berpengaruh terhadap kemampuan kongnitip adalah faktor eksternal siswa. Hal ini berarti keaktifan belajar siswa tergantung keaklifan dan keaktifitas guru. 2) Kemampuan kognitif siswa perlu ditingkatkan dengan cara berperan al-tif di dalam kelas serta meningkatkan keseringan belajar. 3) Kepada peneliti yang berminat untuk melakukan kajian atau penelitian serupa disarankan untukl ebih memperluacsa kupanv ariabel. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang