DETAIL DOCUMENT
Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPS geografi kelas VIII B di SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun / Mustika Arif Jayanti
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Jayanti, Mustika Arif
Subject
 
Datestamp
2011-09-09 03:00:25 
Abstract :
Kata Kunci Picture and Picture dan Ketuntasan Belajar Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMP Negeri 2 Dolopo diperoleh informasi bahwa kendala utama bagi guru dalam pelajaran IPS Geografi adalah membuat siswa tuntas belajar. Ditemukan juga nilai ulangan harian di bawah SKM 67 sebanyak 25 siswa (tidak tuntas) dan hanya 9 siswa yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa sebanyak 73 52 siswa tidak tuntas dan 26 47 siswa yang tuntas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS Geografi kelas VIII di SMP Negeri 2 Dolopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Data hasil observasi awal yakni sebanyak 26 47% siswa tuntas belajar. Pada siklus I sebesar 61 76% (meningkat 35 29%) dan siklus II 91 18% (meningkat 29 42%). Data tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar geografi siswa dari sebelum setelah pelaksanaan siklus 1 dan setelah pelaksanaan siklus 2. Peningkatan ketuntasan belajar geografi siswa ini dilihat dari peningkatan nilai di setiap siklus. Keaktifan pada siklus I sebesar 41 18% dan siklus II 88 24% (meningkat 47 06%). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan ketuntasan belajar dan keaktifan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sebagai berikut 1) Bagi guru adalah agar dapat menggunakan model pembelajaran picture and picture pada kompetensi lain untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan 2) Bagi peneliti lanjut adalah untuk penelitian lanjutan model ini dapat diterapkan pada kelas sekolah dan materi yang berbeda untuk dapat meningkatkan ketuntasan belajar.  

Institution Info

Universitas Negeri Malang