DETAIL DOCUMENT
Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar geografi materi hidrosfer kelas VII SMP BSS (Brawijaya Smart School) Kota Malang / Abidah
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Abidah
Subject
 
Datestamp
2011-09-09 03:00:25 
Abstract :
Kata Kunci Make A Match hasil belajar geografi Belajar merupakan proses internal dan melibatkan kompetensi meliputi ranah kognitif afektif dan psikomotor. Perilaku siswa merupakan hasil belajar. Tinggi rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya karakteristik siswa kompetensi guru dan bahan ajar. Khusus kompetensi guru penggunaan model pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa sangat diperlukan agar di samping aktif juga dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah Make A Match. Keunggulan model ini adalah menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri atau egois menciptakan kondisi yang menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar membuat siswa menjadi lebih percaya diri membantu guru untuk menyelesaikan masalah dalam pembelajaran dan membantu guru dalam mengatasi keterbatasan sarana di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII SMP BSS (Brawijaya Smart School) materi Hidrosfer Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) yang dikembangkan dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini yakni kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes subjektif. Data pada penelitian ini terdiri dari tiga jenis yaitu data kemampuan awal siswa data kemampuan akhir siswa dan data hasil belajar IPS Geografi siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih antara skor pasca tes dan skor pra tes (gain score). Gain score tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t dua sampel tidak berpasangan (Independent-Samples t-test) yang diselesaikan dengan bantuan SPSS 14.00 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yakni 21 51 untuk kelas eksperimen dan 19 27 untuk kelas kontrol. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0 001 945 (0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS Geografi siswa kelas VII SMP BSS (Brawijaya Smart School) Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi guru IPS Geografi untuk menggunakan model pembelajaran Make A Match sebagai variasi model pembelajaran karena dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain penelitian ini hanya terbatas pada materi Hidrosfer untuk itu disarankan untuk dilakukan pada materi yang lain. 

Institution Info

Universitas Negeri Malang