DETAIL DOCUMENT
Pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar geografi kelas X MA Negeri Kandat Kediri / Endah Hapsari Syuhada
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Malang
Author
Syuhada, Endah Hapsari
Subject
 
Datestamp
2012-09-09 03:00:25 
Abstract :
Kata kunci metode pemberian tugas terstruktur hasil belajar Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar geografi siswa. Penerapan pembelajaran yang mengaktifkan siswa dalam belajar dapat dilakukan dengan penerapan pembelajaran melalui pemberian tugas terstruktur. Metode pemberian tugas terstruktur dapat menjadi alternatif pemilihan pembelajaran tersebut karena melalui pemberian tugas terstruktur siswa focus pada materi yang disajikan guru kemudian siswa diharuskan untuk berpikir menggunakan kemampuannya dan menjawab soal yang telah diberikan oleh guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar Geografi siswa kelas X MA Negeri Kandat. Rancangan penelitian menggunakan eksperimen semu (quasy experimen). Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Negeri Kandat yang terdiri atas kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes objektif. Teknik analisis data adalah uji t dengan menggunakan komputer program SPSS 14.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X MA Negeri Kandat. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata gain score siswa kelas kontrol sebesar 10 78 dan rata-rata gain score siswa kelas eksperimen sebesar 23 28. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai p adalah 0 000. dengan demikian p 

Institution Info

Universitas Negeri Malang