Abstract :
Organisasi ataupun perusahaan sebagai suatu wadah tempat dimana dua
orang atau lebih bekerja sama untuk mencapai tujuan, maka dapat dipastikan bahwa
tanpa tujuan tidak perlu ada organisasi ataupun perusahaan. Tujuan organisasi
tentunya adalah untuk mencari keuntungan, namun dalam perjalanannya tentunya
banyak pihak yang berkepentingan dengan kehadiran organisasi tersebut. Pihak-pihak
yang berkepentingan itu antara lain seperti pemegang saham, karyawan,
pemasok, pemakai, pemerintah dan masyarakat. Tujuan dari pihak-pihak yang
berkepentingan ini tentunya bermacam-macam. Tujuan dari pemegang saham
adalah untuk meningkatkan keuntungan. Bagi konsumen adalah untuk
meningkatkan kualitas pelayanan, bagi masyarakat adalah untuk meningkatkan rasa
tanggung jawab kepada masyarakat, dan bagi pemerintah adalah untuk
meningkatkan penerimaan pajak. Sedangkan bagi karyawan adalah untuk
meningkatkan kepuasan kerja karyawan yang pada gilirannya dapat meningkatkan
prestasi kerja karyawan dan juga kinerja organisasi (Panggabean, 2004).
Untuk mencapai tujuan-tujuan yang ditetapkan tentunya perlu ada
kegiatan dan untuk melaksanakan kegiatan tersebut diperlukan sumber daya, seperti
sumber daya keuangan, fisik, teknologi, dan sumber daya manusia (SDM).
Keberadaan SDM dalam sebuah organisasi sangat penting karena mereka yang
memprakarsai terbentuknya organisasi, mereka yang berperan membuat keputusan
untuk semua fungsi dan mereka juga yang berperan dalam menentukan
kelangsungan hidup organisasi. Namun sumber daya manusia tersebut tidak dengan
sendirinya tertarik untuk mau menjadi anggota dari sebuah organisasi dan bukan
organisasi yang lain, dan setelah bergabung mereka juga tidak dengan sendirinya
dapat berprestasi.