DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar pada Siswa-Siswi di SMA Mulia Pratama Medan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Medan Area
Author
Siahaan, Destriana Erawati
Subject
kecerdasan emosional 
Datestamp
2019-03-26 02:41:11 
Abstract :
Prestasi belajar merupakan suatu hasil perubahan tingkah laku seseorang yang disebabkan oleh kemauan atau usaha individu untuk dapat menggali segala kemampuan yang dimiliki oleh individu tersebut. Kemampuan memotivasi diri, mengatasi tantangan, bertahan menghadapi stres atau frustasi, mengendalikan dorongan hati, dan kemampuan mengatur suasana hati (kecerdasan emosi) dan keyakinan akan kemampuan diri ( efikasi diri) dibutuhkan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: hubungan kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prestasi belajar pada siswa. Sampel penelitian ini melibatkan siswa-siswi SMA Mulia Pratama Medan yang berjumlah 55 orang yang memiliki inteligensi kategori rata-rata. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik dengan program SPSS versi 12 for windows yaitu teknik analisis regresi untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prestasi belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) diperoleh angka r sebesar 0.346 (p > 0,05). Angka p = 0,086 di mana p > 0,05 yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prestasi belajar. 2) Selanjutnya berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada korelasi parsial jenjang pertama dan kedua diperoleh angka R square sebesar 120 atau (1,2%) hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan variabel kecerdasan emosi dan efikasi diri terhadap prestasi belajar sebesar 1,2% sedangkan sisanya sebesar 98,8% dipengaruhi oleb variabel atau faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 

Institution Info

Universitas Medan Area