Abstract :
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui
penerapan dan pelayanan administrasi pendaftaran haji di Provinsi Sumatera
Utara, untuk mengetahui pelayanan akomodasi dalam Penyelenggaraan
lbadah Haji di Provinsi Sumatera Utara. Diharapkan penelitian ini dapat
menjelaskan tentang faktor yang dapat meningkatkan pelayanan administrasi
pendaftaran dan pelayanan akomodasi dalam penyelenggaraan ibadah haji di
Provinsi Sumatera Utara.
Dalam penulisan tesis ini untuk mengumpulkan data dan informasi,
penulis mempergunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian
ini dimaksudkan berupaya memahami, menggambarkan tentang bagaimana
Pelayanan Administrasi Pendaftaran dan Pelayanan Akomodasi Dalam
Penyelenggaraan lbadah Haji di Provinsi Sumatera Utara. Teknik
pengumpulan data yang dipergunakan guna memperoleh informasi dalam
penelitian ini diantaranya meliputi : Dokumentasi, Wawancara, dan
Observasi.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh informasi bahwa, hasil evaluasi
pelaksanaan tugas serta hasil pemantauan pelaksanaan di lapangan dapat
dikatakan bahwa operasional pemberangkatan Calon Jamaah Haji tahun
1433 H/ 2012 M berjalan dengan baik, tertib, dan lancar berkat kerjasama
yang baik dari semua pihak yang terkait. Sarana atau fasilitas pelayanan
yang ada sudah dipergunakan dan dimanfaatkan secara maksimal oleh
panitia dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada para
jamaah haji, keluarga dan masyarakat luas. Seluruh pelayanan yang
diberikan oleh panitia sudah berjalan dengan baik, lancar, tertib dan tidak
ditemukan adanya pengaduan baik dari jamaah haji maupun masyarakat.