Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan lklim Sekolah Dan
Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Hasil Belajar Siswa SMPN 2 Tanah Jambo
Aye. Hipotesis yang diajukan adalah 1). Terdapat hubungan antara iklim sekolah
dengan prestasi hasil belajar siswa SMPN 2 Tanah Jambo Aye, 2). Terdapat
hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi hasil belajar siswa SMPN 2
Tanah Jambo Aye, 3).Terdapat hubungan antara iklim sekolah dan kebiasaan
belajar secara bersama-sama dengan prestasi hasil belajar siswa SMPN 2 Tanah
Jambo Aye.
Untuk membuktikan hipotesis dilakukan penelitian terhadap siswa-siswi
kelas VII dan VIII SMPN 2 Tanah Jambo Aye yang berjumlah 74 orang siswa.
Tekhnik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan
data adalah metode skala, yaitu skala iklim sekolah, skala kebiasaan belajar dan
prestasi hasil belajar melalui metode dokumentasi.
Berdasarkan analisis data yang digunakan dengan Analisa Regresi
Berganda didapatkan hasil adalah; 1). Terdapat hubungan yang signifikan antara
iklim sekolah dan kebiasaan belajar terhadap prestasi hasil belajar. Hal ini
ditunjukan dengan koefisien Freg = 62,509; p = 0,000 dimana p < 0,050.
menandakan bahwa semakin baik iklim sekolah dan semakin baik kebiasaan
belajar maka akan semakin tinggi prestasi hasil belajar, dan sebaliknya.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan
diterima. 2). Ada hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah terhadap
prestasi hasil belajar pada siswa SMPN 2 Tanah Jambo Aye dengan sumbangan
51,6%. 3 ). Ada hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar
terhadap prestasi hasil belajar, dengan sumbangan efektif yang didapatkan sebesar
46,1 %. Total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (iklim sekolah dan
kebiasaan belajar) terhadap prestasi Hasil belajar adalah sebesar 63,8%. Dari hasil
ini diketahui bahwa masih terdapat 36,2% pengaruh dari faktor lain terhadap
prestasi hasil belajar.