Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Konsep Diri dan·
Pusat Kendali (Locus Of Conttrol) Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMA
Negeri 2 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Hipotesis yang diajukan
adalah 1). Terdapat hubungan antara konsep diri dengan dengan motivasi belajar
siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye 2). Terdapat hubungan antara Pusat
Kendali (Locus Of Control) dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Tanah
Jambo Aye 3). Terdapat hubungan antara konsep diri dan Pusat Kendali (Locus Of
Control) dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye.
Untuk membuktikan hipotesis dilakukan penelitian terhadap siswa-siswi
kelas VII Siswa SMA Negeri 2 Tanah Jambo Aye berjumlah 96 orang siswa.
Tehnik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Motode pengumpulan
data adalah metode skala, yaitu skala konsep diri, skala pusat kendali dan skala
motivasi belajar.
Berdasarkan analisis data yang digunakan dengan Analisa Regresi
Berganda didapatkan hasil adalah ; 1 ). Terdapat hubungan yang signifikan antara
konsep diri dan pusat kendali (Locus Of Control) terhadap motivasi belajar. Hal
ini ditunjukkan dengan koefisien Freg = 60,342; p = 0,000 dimana p < 0,050.
Menandakan bahwa semakin baik konsep diri dan semakin baik pusat kendali
(Locus Of Control) maka akan semakin tinggi motivasi belajar, dan sebaliknya
semakin buruk konsep diri dan semakin buruk pusat kendali (Locus Of Control)
maka akan semakin rendah motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini,
maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2). Ada hubungan positif yang
signifikan antara konsep diri terhadap motivasi belajar pada siswa SMAN 2 Tanah Jambo Aye dengan sumbangan 46,1 %. 3). Ada hubungan positif yang signifikan
anatara pusat kendali (Locus Of Control) terhadap motivasi belajar dengan
sumbangan efektif yang didapatkan sebesar 59,4%. Total sumbangan efektif dari
kedua variabel bebas konsep diri dan pusat kendali (Locus Of Control) terhadap
motivasi belajar adalah sebesar 69,5%. Dari hasil ini diketahui bahwa masih
terdapat 30,5% pengaruh dari faktor lain terhadap motivasi belajar. 4 ).Hasil lain
diperoleh dari penelitian ini, yakni diketahui bahwa subjek penelitian para siswa
SMAN 2 Tanah Jambo Aye, memiliki konsep diri dan pusat kendali (Locus Of
Control) yang tergolong baik dan motivasi belajar yang diperoleh tergolong
sedang. Hal ini dapat diketahui dengan melihat perbandingan nilai rata-rata/ mean
empiriknya konsep diri (146,55) dannnilai rata-rata hipotetiknya (129). Untuk
variabel pusat kendali (Locus Of Control) nilai rata-rata/ mean empiriknya (67,14)
dan nilai rata-rata hipotetiknya (60). Selanjutnya untuk motivasi belajar diketahui
bahwa mean rata-rata/ mean empiriknya (177,50) dan mean hipotetiknya adalah
(162,5).