Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya perbedaan
pengaruh pola asuh orang tua dan efikasi diri terhadap perilaku prokrastinasi
akademik siswa MAS PAB 2 Helvetia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex
post facto dengan menggunakan Analysis of Variance (ANAVA) 3x2. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi MAS PAB 1 Helvetia kelas X
sampai dengan kelas XII. Adapun jumlah sampel adalah 95 orang yang ditentukan
melalui tabel Isaac dan Michael. Teknik sampling yang digunakan adalah random
sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif dan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ketiga hipotesis dalam penelitian ini diterima dengan kriteria pengujian
hipotesis Fhitung > Ftabel dan Ha diterima yaitu ada perbedaan pengaruh pola asuh
terhadap perilaku prokrastinasi akademik, ada perbedaan pengaruh efikasi diri
terhadap perilaku prokrastinasi akademik, dan ada interaksi antara pola asuh orang
tua dan efikasi diri terhadap perilaku prokrastinasi akademik. Orang tua dan guru
ikut berperan untuk membantu siswa dalam menghindari perilaku prokrastinasi
akademik.