Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self
regulated learning (SRL) dan disiplin siswa dengan prokrastinasi siswa. Sampel
berjumlah 250 orang siswa SMP Negeri 34 Medan yang diperoleh dengan
menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah
skala self regulated learning (SRL), skala disiplin siswa, dan prokrastinasi siswa.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi dan regresi sederhana
untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan uji korelasi dan regresi ganda untuk hipotesis
ke 3. Diperoleh hasil (1) Ada hubungan yang negatif dan signifikan antara self
regulated learning (SRL) dengan prokrastinasi siswa (r = -0,480; p < 0,05); (2)
Ada hubungan yang negatif dan signifikan antara disiplin siswa dengan
prokrastinasi siswa (r = -0,342; p < 0,05); (3) Ada hubungan yang negatif dan
signifikan antara self regulated learning (SRL) dan disiplin siswa dengan
prokrastinasi siswa (F = 14,49; p < 0,05) (4) Sumbangan efektif dari variabel self
regulated learning (SRL) terhadap prokrastinasi siswa sebesar 23% dan
sumbangan efektif dari variabel disiplin siswa terhadap prokrastinasi siswa
sebesar 11,70%. Kemudian sumbangan efektif self regulated learning (SRL) dan
disiplin siswa terhadap prokrastinasi siswa sebesar 13,70%.