Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Hubungan Kompetensi Guru dan
Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 5 Lapang Kabupaten
Aceh Utara. Hipotesis yang diajukan adalah 1 ). Terdapat hubungan antara
kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa SD Negeri 5 Lapang. 2) Terdapat
hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belar siswa SD Negeri 5
Lapang. 3). Terdapat hubungan antara kompetensi guru dan motivasi belajar
dengan prestasi belajar siswa SD Negeri 5 Lapang. Untuk membuktikan hipotesis
dilakukan penelitian terhadap siswa kelas IV, dan V SD Negeri 5 Lapang
Kabupaten Aceh Utara yang berjumlah 80 siswa. Tehnik pengambilan sampel
adalah total sampling yaitu seluruh populasi jadikan sebagai sampel penelitian.
Metode pengumpulan data adalah : Dokumentasi berupa nilai rapor, Metode Tes
IQ (CPM), dan Skala Kompetensi Guru dan Skala Motivasi Belajar. Berdasarkan
analisis data yang digunakan dengan Analisa Regresi Berganda didapatkan hasil
adalah: 1). Terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dan
motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dengan koefisien Freg = 353,819; p =
0,000 dimana p < 0,050. menandakan bahwa semakin baik kompetensi guru dan
semakin tinggi motivasi belajar maka akan semakin tinggi prestasi belajar, dan
sebaliknya semakin buruk kompetensi guru dan semakin rendah motivasi belajar
maka akan semakin rendah prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini,
maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2). Ada hubungan antara
kompetensi guru dengan prestasi belajar pada siswa SDN 5 Lapang dengan
sumbangan 71,8%. 3). Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi
belajar, dengan sumbangan efektif yang didapatkan sebesar 85, 7%. Total
sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (kompetensi guru dan motivasi
belajar) terhadap prestasi belajar adalah sebesar 90,2%. Dari hasil ini diketahui
bahwa masih terdapat 9,8% pengaruh dari faktor lain terhadap prestasi belajar.
Hasil lain diperoleh dari penelitian ini, yakni bahwa subjek penelitian ini para
siswa SDN 5 Lapang, memiliki motivasi belajar yang tergolong sedang, guru
mereka memiliki kompetensi yang tergolong sedang dan memiliki dan prestasi
belajar yang diperoleh tergolong sedang. Hal itu diketahui dengan melihat bobot
perbandingan nilai mean empirik dan mean hipotetik dari masing variabel.