Abstract :
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan dukungan
orangtua dan konsep diri dengan minat membaca. Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 9 Medan dengan populasi sebanyak 340 siswa dan jumlah sampel yang
diperoleh 68 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah skala yang mengukur ketiga variabel. Analisis data dilakukan
menggunakan uji regresi berganda menemukan (1) Terdapat hubungan
yang
positif dan signifikan antara dukungan orangtua dengan minat membaca sebesar
0,431, sumbangan yang diberikan variabel dukungan orangtua sebesar 18,6%
terhadap minat membaca, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan
antara konsep diri dengan minat membaca sebesar 0,453, sumbangan yang
diberikan variabel konsep diri sebesar 20,5% terhadap minat membaca,
(3)
Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan orangtua
dan
konsep diri dengan minat membaca sebesar 0,553, sumbangan yang
diberikan
variabel dukungan orangtua dan konsep diri sebesar 30,6% terhadap
minat
membaca. Dari hasil penelitian diharapkan agar siswa dapat meningkatkan
minat
membaca dengan memperbaiki konsep diri yang lebih baik, serta
adanya
dukungan dari orangtua.