Abstract :
Disiplin belajar adalah suatu sikap keteraturan, kepatuhan dan dapat
mengendalikan diri seseorang untuk menumbuhkan serta mengembangkan
pengertian-pengertian yang terkandung dalam kegiatan belajar dengan kesadaran
sendiri. Disiplin belajar diperoleh berdasarkan indikator disiplin belajar yang terdiri dari disiplin waktu, disiplin perbuatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dan skala iklim sekolah dengan disiplin belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 8 Pematang Siantar dengan populasi 345 dan jumlah sampel 69 siswa. Alat pengumpul data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah skala disiplin beiajar, skala kematangan
emosi dan skala iklim sekolah. Analisis data diiakukan menggunakan analisis
regresi berganda menemukan (1) terdapat hubungan yang positif antara
kematangan ernosi dengan disiplin belajar sebesar 0,348, sumbangan yang
diberikan variabel kematangan emosi terhadap disiplin belajar sebesar 12,1 %, (2)
terdapat hubungan yang positif antara iklim sekolah dengan disiplin belajar
sebesar 0,394, sumbangan yang diberikan variabel iklim sekolah sebesar 15,5%
terhadap disiplin belajar, (3) terdapat hubungan yang positif antara kematangan
emosi dan iklim sekolah dengan disiplin belajar sebesar 0,490, sumbangan yang
diberikan variabel kematangan emosi dan iklim sekolah terhadap disiplin belajar
sebesar 24%. Kategori penilaian diperoleh semua variabel pada kategori baik.
Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan siswa-siswa dapat meningkatkan
kematangan emosi dan kepada pihak sekolah dapat meningkatkan iklim sekolah
khususnya sarana dan prasarana sekolah.