DETAIL DOCUMENT
Hubungan Kematangan Emosi dan Iklim Sekolah dengan Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Pematang Siantar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Medan Area
Author
Sigalingging, Sery
Subject
disiplin belajar 
Datestamp
2019-06-17 02:13:17 
Abstract :
Disiplin belajar adalah suatu sikap keteraturan, kepatuhan dan dapat mengendalikan diri seseorang untuk menumbuhkan serta mengembangkan pengertian-pengertian yang terkandung dalam kegiatan belajar dengan kesadaran sendiri. Disiplin belajar diperoleh berdasarkan indikator disiplin belajar yang terdiri dari disiplin waktu, disiplin perbuatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kematangan emosi dan skala iklim sekolah dengan disiplin belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 8 Pematang Siantar dengan populasi 345 dan jumlah sampel 69 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala disiplin beiajar, skala kematangan emosi dan skala iklim sekolah. Analisis data diiakukan menggunakan analisis regresi berganda menemukan (1) terdapat hubungan yang positif antara kematangan ernosi dengan disiplin belajar sebesar 0,348, sumbangan yang diberikan variabel kematangan emosi terhadap disiplin belajar sebesar 12,1 %, (2) terdapat hubungan yang positif antara iklim sekolah dengan disiplin belajar sebesar 0,394, sumbangan yang diberikan variabel iklim sekolah sebesar 15,5% terhadap disiplin belajar, (3) terdapat hubungan yang positif antara kematangan emosi dan iklim sekolah dengan disiplin belajar sebesar 0,490, sumbangan yang diberikan variabel kematangan emosi dan iklim sekolah terhadap disiplin belajar sebesar 24%. Kategori penilaian diperoleh semua variabel pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan siswa-siswa dapat meningkatkan kematangan emosi dan kepada pihak sekolah dapat meningkatkan iklim sekolah khususnya sarana dan prasarana sekolah. 

Institution Info

Universitas Medan Area