Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menguji
hubungan konsep diri dengan kemampuan bergaul korban bullying (2) untuk mengetahui dan menguji hubungan harga diri dengan kemampuan bergaul korban
bullying (3) untuk mengetahui dan menguji hubungan konsep diri dan harga diri
dengan kemampuan bergaul korban bullying.
Penelitian dilakukan pada siswa SMP Dharma Pancasila Medan dengan
populasi dan jumlah sampel 41 siswa yang menjadi korban bullying. Analisis data
menggunakan uji regresi diperoleh hasil (1) ada hubungan yang signifikan antara
konsep diri dengan kemampuan bergaul korban bullying sebesar r = 0,361 dan p <
0,05, (2) ada hubungan yang signifikan antara harga diri dengan kemampuan
bergaul korban bullying sebesar r = 0,342 dan p < 0,05 (3) ada hubungan yang
signifikan antara konsep diri dan harga diri dengan kemampuan bergaul korban
bullying sebesar r = 0,472 dan p < 0,05. (4) Sumbangan efektif variabel konsep
diri terhadap kemampuan bergaul korban bullying diperoleh 13,1%, sumbangan
efektif variabel harga diri terhadap kemampuan bergaul korban bullying sebesar
11, 7% dan sumbangan efektif variabel konsep diri dan harga diri terhadap
kemampuan bergaul korban bullying diperoleh 22,3%.