Abstract :
Pemahaman Asuhan Kebidanan IV adalah kemampuan seseorang untuk
mengerti atau memahami konsep asuhan kebidanan iv. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan persepsi terhadap profesi kebidanan dan minat
belajar dengan pemahaman asuhan kebidanan iv.
Penelitian dilakukan pada mahasiswa tingkat tiga D-III Kebidanan
Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan
jumlah sampel 44 mahasiswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan diperoleh hasil 1) terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap profesi kebidanan
dengan pemahaman asuhan kebidanan sebesar 0,641, R square diperoleh 0,411
sehingga sumbangan yang diberikan variabel persepsi mahasiswa sebesar 41,1 %
terhadap pemahaman asuhan kebidanan iv, 2) terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara minat belajar dengan pemahaman asuhan kebidanan iv sebesar
0,569, R square diperoleh 0,324 sehingga sumbangan yang diberikan variabel
minat belajar sebesar 32,4% terhadap pemahaman asuhan kebidanan iv, 3)
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap profesi
kebidanan dan minat belajar dengan pemahaman asuhan kebidanan iv sebesar
0,7 16, R square diperoleh 0,513 sehingga sumbangan yang diberikan variabel
persepsi terhadap profesi kebidanan dan minat belajar sebesar 51,3% terhadap
pemahaman asuhan kebidanan iv dan sisanya 48,7% mempunyai hubungan
dengan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Distribusi frekuensi
kategori dari tiap-tiap variabel mayoritas diperoleh pada kategori sedang.