Abstract :
Penelitian ini bertujuan untik melihat Perbedaan Kompetensi Pedagogik,
Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Professional Pada
Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat.
Hipotesis yang diajukan adalah; 1). Ada perbedaan kompetensi pedagogik antara
guru sertifikasi (PLPG) dan nonsertifikasi (Non PLPG). 2). Ada perbedaan
kompetensi kepribadian antara guru sertifikasi (PLPG) dan non sertifikasi (Non
PLPG). 3). Ada perbedaan kompetensi sosial antara guru sertifikasi (PLPG) dan
nonsertifikasi (Non PLPG) 4). Ada perbedaan kompetensi professional antara
guru sertifikasi (PLPG) dan nonsertifikasi (Non PLPG).
Untuk membuktikan hipotesis dilakukan penelitian pada sampel penelitian
ditentukan secara random sampling. Data yang digunakan adalah Kelompok guru
sertifikasi (PLPG) berjumlah 44 orang guru. Kelompok guru non sertifikasi (non
PLPG) berjumlah 44 orang guru. Total keseluruhan sampel sebanyak 88 orang
guru. Metode pengumpul data berupa Skala. Skala Kompetensi Pedagogik Guru,
Skala Kompetensi Kepribadian Guru, Skala Kompetensi Sosial Guru, dan Skala
Kompetensi Professional Guru.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Tidak ada perbedaan kompetensi
pedagogik antara guru sertifikasi dan nonsertifikasi dengan nilai F = 0,865, dan
signifikansi sebesar 0,355; p > 0,050. Diketahui mean empirik kompetensi
pedagogik guru sertifikasi sebesar 84,14 dan nonsertifikasi 86,59, dimana masing-masing
bilangan tersebut tidak berselisih melebihi 1 bilangan standar deviasi
yaitu 12,366. 2). Tidak ada perbedaan kompetensi kepribadian antara guru
sertifikasi dan nonsertifikasi dengan nilai F = 0,091 dengan nilai signifikansi
0,763 ; p > 0,050. Diketahui mean empirik kompetensi kepribadian guru
sertifikasi sebesar 89,07 dan mean empirik guru yang nonsertifikasi sebesar 88,23.
Masing-masing bilangan tersebut juga tidak melebihi 1 bilangan standar deviasi
total yaitu 12,988. 3). Ada perbedaan kompetensi sosial antara guru sertifikasi
dan nonsertifikasi dengan nilai F = 33,414 dengan nilai signifikansi 0,000 ; p <
0,050. diketahui bahwa kompetensi sosial guru yang nonsertifikasi lebih tinggi
(73,89) daripada guru yang telah sertifikasi (60,09). Hal ini diketahui dengan
melihat selisih antar bilangan mean empirik melebihi 1 bilangan standar deviasi
totalnya (13,114). 4). Ada perbedaan kompetensi professional antara guru
sertifikasi dan nonsertifikasi dengan nilai F = 94,832 dengan nilai signifikansi
0,000 ; p < 0,050. diketahui bahwa kompetensi professional guru yang telah
sertifikasi lebih tinggi (183,25) daripada guru yang nonsertifikasi (124,52). Hal ini
diketahui dengan melihat selisih antar bilangan mean empirik melebihi 1 bilangan
standar deviasinya ( 40, 780).