Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; hubungan kepercayaan diri dan
pola asuh demokrasi dengan kemandirian pada siswa SMA Negeri 1 Tanah
Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara. Hipotesis yang diajukan; 1). Terdapat
hubungan kepercayaan diri dengan kemandirian pada siswa SMA Negeri 1 Tanah
Jambo Aye. 2). Terdapat hubungan pola asuh demokrasi dan kemandirian pada
siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye, 3). Terdapat hubungan kepercayaan diri
dan pola asuh demokrasi dengan kemandirian pada siswa SMA Negeri 1 Tanah
Jambo Aye.
Penelitian dilakukan terhadap 85 orang siswa-siswi. Tehnik pengambilan
sampel adalah random sampling. Metode pengumpulan data adalah metode skala,
yaitu skala kemandirian belajar, pola asuh demokratis, dan kepercayaan diri.
Berdasarkan analisis data yang digunakan dengan Analisa Regresi
Berganda didapatkan hasil adalah ; 1 ). Terdapat hubungan positif yang signifikan
antara kepercayaan diri dan pola asuh demokrasi terhadap kemandirian belajar.
Hal ini ditunjukan dengan koefisien Freg = 63,087; p = 0,000 dimana p < 0,050.
menandakan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri dan semakin baik pola asuh
demokrasi maka akan semakin tinggi perilaku kemandirian belajar, dan
sebaliknya semakin rendah kepercayaan diri dan semakin buruk pola asuh
demokrasi maka akan semakin rendah kemandirian belajar. Berdasarkan hasil
penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. 2). Ada
hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri terhadap kemandirian
belajar pada siswa SMA N 1 Tanah Jambo Aye dengan sumbangan 26,8%. 3).
Ada hubungan positif yang signifikan antara pola asuh demokrasi terhadap
kemandirian belajar, dengan sumbangan efektif yang didapatkan sebesar 45,1 %.
Total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (kepercayaan diri dan pola
asuh demokrasi) terhadap kemandirian belajar adalah sebesar 60,6%. Dari hasil
ini diketahui bahwa masih terdapat 39,4% sumbangan dari faktor lain terhadap
kemandirian belajar.