Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan frustasi dan
sikap prasangka dengan perilaku agresif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP
Negeri 5 Stabat dengan populasi dan yang menjadi sampel sebanyak 126 siswa. Alat
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert untuk
mengukur variabel frustasi (X1), variabel sikap prasangka (X2) dan variabel perilaku
agresif (Y). Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi diperoleh : 1) ada
hubungan antara frustasi dengan perilaku agresif sebesar r = 0,399 dan sumbangan
efektif yang diberikan frustasi terhadap perilaku agresif 11,5%, 2) ada hubungan
antara sikap prasangka dengan perilaku agresif sebesar r = 0,458 dan sumbangan
yang diberikan sikap prasangkan terhadap perilaku agresif 21%, 3) ada hubungan
antara frustasi dan sikap prasangka dengan perilaku agresif sebesar r = 0,507 dan
sumbangan efektif yang diberikan frustasi dan sikap prasangka terhadap perilaku
agresif 25,7%. Dari hasil penelitian ini diharapkan agar siswa dapat mengurangi sikap
prasangka serta dapat menghindari frustasi dengan mengisi kegiatan-kegiatan yang
positif.