Abstract :
Penulis dapat menarik kesimpulan antara lain:
1. Untuk memberi kepuasan bagi konsumen dan keuntungan bagi perusahaan Rumah
Sakit Islam Malahayati Medan tentunya diperlukan strategi pemasaran yang tepat.
Oleh karena itu Rumah Sakit Islam Malahayati Medan menerapkan strategi bauran
pemasaran yang terdiri atas beberapa indikator yaitu: produk, harga, saluran
pemasaran, promosi, orang, bukti fisik dan proses yang harus mencerminkan
kebijakan setiap perusahaan berdasarkan penelitian pasar yang telah dilakukan
sebelumnya.
2. Faktor lain penyebab kurangnya minat masyarakat untuk membeli jasa pelayanan
kesehatan karena terjadinya penurunan tingkat pendapatan rill masyarakat disamping
keadaan sosial, ekonomi dan politik Indonesia serta minimnya pengetahuan
masyarakat tentang kesehatan itu sendiri, membawa pengaruh yang signifikan
terhadap pamasaran jasa kesehatan pada Rumah Sakit Islam Malahayati Medan.