Abstract :
PT. Asuransi Jiwasraya Medan Utara Medan adalah sebuah perusahaan yang
bergerak di dalam bidang jasa. Perusahaan ini adalah perusahaan BUMN yang dalam
operasionalnya berupaya untuk dapat memperoleh hasil yang direncanakan oleh
perusahaan.
Masalah yang dihadapi yaitu : "Persaingan yang dihadapi semakin ketat dan
tidak profesionalnya para karyawan mengakibatkan rencana penjualan polis tidak
dapat direalisir bahkan mengalami penurunan di tahun 2001 - 2005".
Untuk rnengetahui penyebab kesulitan perusahaan tersebut, penulis membuat
hipotesis : "Seandainya persaingan yang dihadapi perusahaan tidak semakin ketat
dan karyawan yang dimiliki adalah karyawan profesional rnaka rencana penjualan
polis dapat direalisir dan tidak akan mengalami penurunan di tahun 2001- 2005".
Untuk memperoleh data skunder dan data primer yang diperlukan dalam rangka
pembuktian hipotesis, penulis mengadakan penelitian kepustakaan dan lapangan.
Berdasarkan data yang diperoleh, penulis berusaha melakukan analisis dan
evaluasi sejauh mana strategi pemasaran yang diterapkan PT. Asuransi Jiwasraya
Medan Utara Medan, yaitu dengan membandingkan data skunder dan data primer dan
berdasarkan perhitungan itu, maka penulis dapat menarik kesimpulan antara lain :
1. PT. Asuransi Jiwasraya Medan Utara Medan memperkenalkan produk jasa
asuransinya dengan kegiatan promosi, door to door, kegiatan kelompencapir,
sambung rasa, iklan, ceramah dan menjalin kerjasama dengan lnstansi Pemerintah,
Swasta, Perguruan Tinggi, BUMN, Rumah Sakit dan lain- lain.
2. Faktor penyebab kurangnya minat masyarakat menjadi pemegang polis asuransi
masih kurang karena rendahnya penghasilan perkapita penduduk, minimnya
pengetahuan masyarakat tentang jasa asuransi dan lain - lain.