Abstract :
Perusahaan adalah suatu organisasi yang bekerja dan semakin lama
semakin berkembang dan dalam perkembangannya cenderung menyebabkan
timbulnya kerumitan dalam pengolahan agar perusahaan mampu mencapai
tujuan.
Pada perusahaan yang besar, pimpinan tidak akan mampu mengendalikan
semuanya seorang diri. Ia sangat membutuhkan bantuan para manejernya yang
ahli dalam bidangnya masing - masing. Hal ini tentu berbeda pada perusahaan
kecil, dimana fungsi - fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengarahan
dan pengawasan masih mampu dilakukan pimpinannya sendiri.
Prestasi kerja karyawan merupakan hal penting yang harus diperhatikan
oleh manajer perusahaan. Untuk mengetahui seberapa besar prestasi kerja
karyawan, maka prestasi kerja tersebut harus dinilai. Penilaian prestasi kerja
mutlak dilakukan guna mengetahui prestasi yang dapat dicapai setiap karyawan.
Menurunnya semangat dan gairah kerja karyawan mengakibatkan
menurunnya prestasi kerja. Hal ini menjadi tantangan bagi setiap manejer,
Dari analisis dan evaluasi yang telah dilakukan, penulis berkesimpulan
bahwa:
1. Untuk proses, besarnya prestasi kerja yang diperoleh setiap karyawan untuk
masing-masing indikator penilaian adalah diantara 3 hingga 4 secara rata
rata. Kondisi ini menunjukkan bahwa karyawan mempunyai prestasi kerja
yang telah mencapai standard hingga lebih secara rata-rata untuk setiap
indikator penilaian.
2. Untuk hasil, besarnya penjualan yang dicapai adalah sebagai berikut :
a. Karyawan dengan jabatan DM mencapai penjualan 91,5 % hingga 100,9
dan secara rata - rata penjualan yang dicapai 97,05 %.
b. Karyawan untuk jabatan MR mencapai penjualan 79 % hingga 125 %
dan secara rata-rata penjualan yang dicapai 98,13 %.