Abstract :
Sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Aceh Tenggara yaitu "Ingin mewujudkan
Masyarakat Kabupaten Aceh Tenggara yang bercirikan mayarakat Madani, Menguasai
Iptek dan Berwawasan Lingkungan", maka Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara
berusaha menata dan membina aparaturnya agar dapat bekerja maksimal dalam memberi
pelayanan terhadap masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kinerja Pegawai Negeri
Sipil pada Sekretariat Kantor Bupati Aceh Tenggara dalam memberi pelayanan
berdasarkan Kerjasama, Tanggung jawab, Keandalan, Pemanfaatan Waktu, Kejujuran,
Ketaatan dan Inisiatif dan lain-lainnya sehingga terpenuhi type pegawai Negeri Sipil
yang ideal sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif dengan
menggunakan Program pengolahan data Teknik Skoring yang dibagi atas tiga kriteria,
yaitu: Baik, sedang dan kurang.
Hasil penelitian dengan mengunakan metode skoring tersebut menunjukan hasil
bahwa secara keseluruhan dari ketujuh indikator yang digunakan untuk mengukur
kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Sekretariat Kantor Bupati Aceh Tenggara diperoleh
kesimpulan sebagai berikut: Kerjasama rata-rata Skor 2,86 ( dua koma delapan enam )
dengan kreteria Baik; Tanggungjawab rata-rata skor 1,94 (satu koma sembilan puluh
empat) dengan kriteria sedang; Keandalan rata-rata skor 2,64 (dua koma enam empat)
dengan kreteria Baik; Pemanfaatan Waktu rata-rata skor 1,47 (satu koma empat tujuh)
dengan kriteria kurang; Kejujuran rata-rata skor 2,21 (dua koma dua satu) dengan
kriteria sedang; Ketaatan rata-rata skor 2,12 (dua koma dua belas) dengan kriteria
sedang; Inisiatif rata-rata skor 2,19 ( dua koma sernbilan belas) dengan kriteria sedang.
Dari pengolahan data tersebut yang dilakukan penulis diperoleh hasil penelitian
dengan ukuran kreteria yang telah ditetapkan berdasarkan skor nilai diperoleh
kesimpulan, bahwa Kinerja Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Kantor Bupati Aceh
Tenggara dikelompokan pada kategori Sedang.