Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah loyalitas merek dan citra merek
mempengaruhi kepuasan pelanggan pada PT. Telekomunikasi Plaza Indonesia di jalan pettarani.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan responded 99 orang. Analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan uji F dan uji t sebagai hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan secara simultan, loyalitas merek dan citra merek memberikan
pengaruh kepada kepuasan pelanggan pada PT. Telekomunikasi Plaza, hal ini ditunjukkan dengan nilai
signifikansi pada uji F yang kurang dari 0,05. Secara parsial , variabel citra merek memberikan pengaruh
positif dan signifikansi kepada kepuasan pelanggan pada PT. Telekomunikasi Plaza, hal ini ditunjukkan
dengan nilai signifikansi pada uji t yang kurang dari 0,05 dan variabel loyalitas merek memberikan
pengaruh positif dan tidak signifikan kepada kepuasan pelanggan pada PT. Telekomunikasi Plaza, hal ini
ditunjukkan dengan nilai signifikansi pada uji t yang lebih dari 0,05.
Terdapat hubungan kausal antara loyalitas merek dan citra merek dengan kepuasan pelanggan
pada PT. Telekomunikasi Plaza Indonesia di jalan pettarani. Hal ini ditunjukkan dengan rumusan hasil
analisis regresi linear berganda yang dihasilkan adalah Y = 1.085 + 0,328 X1 + 0,569 X2