Abstract :
AMALUDDIN. Manajemen Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan NilaiNilai Keislaman Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangkep Kabupaten
Pangkep (dibimbing oleh Abdul Rahman Mus, M. Hasibuddin Mahmud, dan
Andi Bunyamin).
Tujuan penelitian ini adalah untuk: [1] mengetahui struktur dan komposisi
kurikulum di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep; [2] mengetahui
manajemen pembelajaran integratif dalam mewujudkan nilai-nilai keislaman
peserta didik di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep; dan [3] mengetahui
peran guru pada manajemen pembelajaran integratif dalam mewujudkan nilai-nilai
keislaman peserta didik di MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiopaedagogis. Sumber data penelitian ini adalah guru bidang studi umum yang
mengajar pada MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep sebagai informan. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
pengolahan dan analisis data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2) penyajian
data, dan (3) verifikasi data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan:[1] Struktur dan komposisi kurikulum di
MTs Negeri Pangkep Kabupaten Pangkep tersusun sedemikian rupa sehingga guru
bidang studi umum dapat mengimplementasikan nilai-nilai keislaman dalam
pembelajaran; [2] Manajmen pembelajaran yang dilakukan oleh guru bidang studi
umum dalam mewujudkan nilai-nilai keislaman peserta didik di MTs Negeri
Pangkep Kabupaten Pangkep adalah manajemen pembelajaran integratif; [3] Peran
guru dalam mewujudkan nilai-nilai keislaman peserta didik di MTs Negeri Pangkep
Kabupaten Pangkep adalah: guru sebagai pendidik, pembimbing, pembangkit
pandangan, pelatih, penasehat, model, emansivator, pribadi teladan, pendorong
kreativitas, pemindah kemah, pembawa cerita, dan fasilitator .
Implikasi penelitian ini adalah peserta didik pada MTs Negeri Pangkep telah
mengimplemetasikan nila-nilai keislaman dalam pembelajaran bidang studi umum
sehingga menjadi karakter. Karakter ini menjadikan madrasah sebagai akar moral
dalam aktualisasi pada lingkungan madrasah dan lingkungan masyarakat pada
umumnya.