Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Salsabila Maylafaizz, Salsabila
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2023-07-28 04:57:44
Abstract :
Keberhasilan dalam sebuah pemasaran harus memperhatikan aspek-aspek
pelayananyaitukepuasankonsumen,kualitasprodukdanharga.Kualitasprodukyang
bermutumempengaruhikonsumen,begitujugadenganharga,hargayangmurahdapat
mempengaruhikonsumen dalam membeliproduk.Kualitas produk dan harga
merupakanaspekyangsangatperludiperhatiakanolehsebuahperusahaan.
Penelitianinibertujuan(1)MengidentifikasijenisdanhargakuedangeSabahdi
KabupatenPangkajenedanKepulauan.(2)Mengidentifikasiproduksidanmenganalisis
pendapatankuedangeSabah.(3)MenganalisiskelayakanusahakuedangeSabah.(4)
Menganalisispersepsikonsumenpadakualitasproduk,hargadankepuasankonsumen
kuedangeSabah.(5)Menganalisispengaruhkualitasprodukdanhargaterhadap
kepuasankonsumenkuedangeSabah.Penelitianinimerupakanstudikasuspada
usahadangeSabah.Penetapansampeldilakukandenganmetodepurposivesampling
dan dilaksanakan wawancara secara langsung dengan konsumen,pimpinan dan
karyawan pada usaha dange Sabah.Responden konsumen yang diambildalam
penelitianiniadalah30orang.Informandalam penelitianiniadalah1pemilikdan8
karyawan.
HasilPenelitianinimenunjukkanbahwa(1)Jeniskuedangeada2yaitukuedange
putihdankuedangehitam.Dimanadangeputihterbuatdariberasketanputih,kelapa
parut,gulamerahdangaram sedangkandangehitam terbuatdariberasketanhitam,
kelapaparut,gulamerahdangaram.Hargakuedangeputihdankuedangehitam Rp.
15.000/box.(2)Produksikue dange hitam sebanyak2.600 boxdan dange putih
sebanyak2.600perbulan.UsahaDangeSabahmemperolehpenerimaanperbulan
sebesarRp.78.000.000untukbiayapenjualanprodukkedangedengantotalbiaya
produksisebesarRp.42.653.500danmenghasilkanpendapatansebesarRp.35.347.500
perbulan.(3)KelayakanusahapadakuedangeSabahmenunjukkanbahwaR/CRatio>
1makausahakuedangemenguntungkan.(4)Persepsikonsumenberdasarkakualitas
produkkuedangepadakelimaaspekpenilaianberdasarkancitarasa,dayatahan,
teksur,aromadankemasanmenunjukkannilai710dengankriteriatinggi.Persepsi
konsumen berdasarka harga kue dange pada kedua aspekpenilaian berdasarkan
keterjangkauanhargadankeseimbanganhargadengancitarasamenunjukkannilai300
dengankriteriasangattinggi.Persepsikonsumenberdasarkankepuasankuedange
pada tuga aspek penilaian berdasarkan kepuasan harga,kepuasan kemasan dan
kepuasan pelayanan menunjukkan nilai 410 dengan kriteria puas. (5) Kualitas produk
dan harga secara serentak berpengaruh secara parsialdan signifikan terhadap
kepuasan konsumen.