DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK KUE DANGE DI KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN (Studi Kasus Dange Sabah di Desa Bone’e, Kecamatan Segeri)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Salsabila Maylafaizz, Salsabila
Subject
S Agriculture (General) 
Datestamp
2023-07-28 04:57:44 
Abstract :
Keberhasilan dalam sebuah pemasaran harus memperhatikan aspek-aspek pelayananyaitukepuasankonsumen,kualitasprodukdanharga.Kualitasprodukyang bermutumempengaruhikonsumen,begitujugadenganharga,hargayangmurahdapat mempengaruhikonsumen dalam membeliproduk.Kualitas produk dan harga merupakanaspekyangsangatperludiperhatiakanolehsebuahperusahaan. Penelitianinibertujuan(1)MengidentifikasijenisdanhargakuedangeSabahdi KabupatenPangkajenedanKepulauan.(2)Mengidentifikasiproduksidanmenganalisis pendapatankuedangeSabah.(3)MenganalisiskelayakanusahakuedangeSabah.(4) Menganalisispersepsikonsumenpadakualitasproduk,hargadankepuasankonsumen kuedangeSabah.(5)Menganalisispengaruhkualitasprodukdanhargaterhadap kepuasankonsumenkuedangeSabah.Penelitianinimerupakanstudikasuspada usahadangeSabah.Penetapansampeldilakukandenganmetodepurposivesampling dan dilaksanakan wawancara secara langsung dengan konsumen,pimpinan dan karyawan pada usaha dange Sabah.Responden konsumen yang diambildalam penelitianiniadalah30orang.Informandalam penelitianiniadalah1pemilikdan8 karyawan. HasilPenelitianinimenunjukkanbahwa(1)Jeniskuedangeada2yaitukuedange putihdankuedangehitam.Dimanadangeputihterbuatdariberasketanputih,kelapa parut,gulamerahdangaram sedangkandangehitam terbuatdariberasketanhitam, kelapaparut,gulamerahdangaram.Hargakuedangeputihdankuedangehitam Rp. 15.000/box.(2)Produksikue dange hitam sebanyak2.600 boxdan dange putih sebanyak2.600perbulan.UsahaDangeSabahmemperolehpenerimaanperbulan sebesarRp.78.000.000untukbiayapenjualanprodukkedangedengantotalbiaya produksisebesarRp.42.653.500danmenghasilkanpendapatansebesarRp.35.347.500 perbulan.(3)KelayakanusahapadakuedangeSabahmenunjukkanbahwaR/CRatio> 1makausahakuedangemenguntungkan.(4)Persepsikonsumenberdasarkakualitas produkkuedangepadakelimaaspekpenilaianberdasarkancitarasa,dayatahan, teksur,aromadankemasanmenunjukkannilai710dengankriteriatinggi.Persepsi konsumen berdasarka harga kue dange pada kedua aspekpenilaian berdasarkan keterjangkauanhargadankeseimbanganhargadengancitarasamenunjukkannilai300 dengankriteriasangattinggi.Persepsikonsumenberdasarkankepuasankuedange pada tuga aspek penilaian berdasarkan kepuasan harga,kepuasan kemasan dan kepuasan pelayanan menunjukkan nilai 410 dengan kriteria puas. (5) Kualitas produk dan harga secara serentak berpengaruh secara parsialdan signifikan terhadap kepuasan konsumen. 
Institution Info

Universitas Muslim Indonesia